Pemkab Pulpis Gelar Konsultasi Publik Tentang Kewenangan Desa

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Selasa (24/4/2018) menggelar rapat konsultasi publik dalam rangka penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) dan Kewenangan Desa di Aula Bappedalitbang kabupaten setempat.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesra Pulang Pisau, Susilo I Tamin saat membacakan sambutan Pjs Bupati Pulpis pada acara konsultasi publik, Selasa (24/4/2018) di Aula Bappedalitbang Pulpis, forum konsultasi publik ini dilakukan untuk memberikan capaian efektivitas dan akuntabilitas desa dalam menata kewenangan desa sesuai asas rekognisi dan subsidiaritas serta dalam mendorong proporsionalitas pelaksanaan bidang kewenangan desa yang meliputi penyelenggaraan masyarakat desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa yang mengacu pada Permendagri nomor 44 tahun 2016 tentang kewenangan desa.

Ia mengatakan dengan disusunnya Peraturan Bupati (Perbup) berdasarkan asas rekognisi dan subsidiaritas, nantinya mampu mengakomodir segala harapan bersama secara umum dan bagi masyarakat desa secara umumnya.

"Yang tidak kalah penting dalam penyusunan perbup ini dukungan dan arahan serta bimbingan dari SOPD terkait, karena pada dasarnya kewenangan yang dimuat dalam rancangan perbup ini nantinya ada keterkaitan beberapa tugas pokok dan fungsi SOPD sekalian. Jadi, kami mohon kepada kepala SOPD atau yang mewakili dapat memberikan saran dan masukan yang membangun dalam koridor penyusunan ranperbup tentang kewenangan desa ini," papar Susilo begitu biasa disapa.

Di akhir sambutan Pjs Bupati yang ia bacakan, Susilo berpesan agar acara konsultasi publik ini dapat diikuti dan diperhatikan dengan baik serta secara seksama.

"Tanyakan dengan pemateri kalau terdapat hal yang belum jelas, sehingga adanya komunikasi yang efektif dalam kegiatan ini dan hasil yang semua kita harapkan tentunya," harapnya sekaligus mengakhiri sambutan Pjs Bupati Pulpis.[manan]


TAG