Pasien Keracunan Makanan, Hari ini Sudah Bisa Pulang

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Pasca keracunan ratusan orang usai mengikuti salah satu Kampanye salah satu Pasangan Calon (Paslon) Minggu (15/4/2018) kemarin, kini pasien sudah berangsur pulih dan bisa dinyatakan pulang kerumah masing-masing.

Keracunan yang sampai saat ini masih diduga akibat dari tidak higienisnya  makanan yang dikosumsi oleh para simpatisan salah satu paslon itu meski banyak mendapat sorotan dari berbagai kalangan, namun dapat dipastikan dari kejadian ini tidak ada memakan korban jiwa.

"Meski kejadian itu banyak korban, tapi tidak ada yang kritis. Semuanya sudah kita tangani dengan maksimal dan hari ini pasien semuanya sudah pulang kerumah masing-masing," ujar dr Muliyanto Budihardjo saat dikonfirmasi KabarKalteng, Selasa (17/4/2018) di Rumah Sakit setempat.

Dikatakan dr Mul begitu sapaan akrabnya, dari data yang saat ini sudah kita rekap, pasien keracunan sebanyak 349 orang. Jumlah itu, hasil dari rekap yang dilakukan di dua tempat, yakni di Puskesmas Maliku sebanyak 135 orang dan di RSUD Pulpis sebanyak 214 orang. Sehingga dengan total 349 orang

"Itu jumlah data riil dari kita, termasuk dengan korban yang mengalami gejala-gejala keracunan," ujarnya.

Untuk hasil sampel sendiri, lanjutnya, saat ini pihaknya juga masih hasilnya dari uji laboratorium oleh pihak BPOM Kota Palangka Raya.

"Ya untuk hasil sampelnya kita masih menunggu pihak BPOM, kemarin kan sampel makananmya sudah kita kirim. Ya untuk sementara ini dugaan kita terkait makanan itu, karena kurang higienis ataupaun ada bahan-bahannya yang expired alias kadaluarsa," ujar dr Mul.[manan]


TAG