Musrenbang Kabupaten, Insfrastruktur Masih Dominasi Usulan

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten yang berlangsung di Aula Bappedalitbang kabupaten setempat, Senin (2/4/2018) berjalan dengan lancar.

Pada pelaksanaanya, bidang  infrastruktur masih menjadi usulan tertinggi, sehingga mendominasi keseluruhan dalam usulan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang telah dilaksanakan di 8 Kecamatan se-Kabupaten Pulang Pisau beberapa waktu lalu.

"Bidang pembangunan infrastruktur masih menjadi usulan tertinggi dari semua usulan," ujar Juman, kepada sejumlah awak media, Senin (2/4/2018).

Menurut Juman, setiap usulan akan dilihat terlebih dahulu skala prioritasnya, karena tidak memungkin semua usulan dapat terakomodir dengan kemampuan keuangan daerah saat ini.

Dari itu, lanjutnya setiap usulan-usulan dalam Musrenbang Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2018 ini, merupakan usulan yang menjadi acuan untuk pembangunan di Tahun 2019 mendatang.

"Musrenbang tingkat kabupaten ini tentunya sebagai acuan kita dalam pembangunan di tahun mendatang," tandasnya.

Sedikit dijelaskan Juman, bahwa untuk Tahun 2019 mendatang, Kabupaten Pulang Pisau masih belum memiliki Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sehingga Pulang Pisau mengacu pada garis besar RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2016-2021. 

Juman menambahkan bahwa dirinya mempersilahkan kepada setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) untuk bisa menjabarkan dan menerjemahkannya melalui usulan atau program kegiatan di SOPD yang  kemudian dicantumkan ke dalam rencana kerja masing-masing SOPD, untuk Tahun 2019 mendatang.

Menurutnya juga, sasaran makro pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 berdasarkan RPJMD 2016-2021 menargetkan untuk laju pertumbuhan ekonomi berada diangka 7,0 persen, dan untuk angka kemiskinan Tahun 2019 Pulang Pisau diharapkan berada dibawah angka 4,8 persen.

Dari itu, ke depan Juman berharap Kabupaten Pulang Pisau bisa membantu mencapai angka-angka yang telah ditargetkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan masing-masing SOPD.[manan]


TAG