• Latest News

    Jumat, 06 April 2018

    Menilik Kesiapan Pariwisata Barsel Jelang Kejurnas Dayung


    BUNTOK - Kejuaraan Nasional (Kejurnas)  dayung perahu bakal dilaksanakan di Kabupaten Barito Selatan, pada bulan November 2018 mendatang. Apa saja yang akan dipersiapkan oleh Disporaparbud Barsel dalam event tingkat Nasional tersebut?

    Ditemui di kantornya, Jumat (6/4/2018), Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Diporaparbud) Barsel, Suhardi mengungkapkan, sesuai perintah Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dan Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri ST, Barsel resmi dinyatakan sebagai tuan rumah even nasional lomba dayung perahu naga tahun 2018, yang rencananya dilaksanakan di Danau Sadar, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel.

    Untuk itu, selain peningkatan infrastruktur yang saat ini tengah berlangsung, yakni peningkatan jalan dan jembatan dari Kota Buntok menuju Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan,  melintasi desa Danau Sadar dan juga pembangunan tribun penonton dan pedok di Danau Sadar, oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR),  Disporaparbud Barsel, juga telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak SOPD terkait, baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Kabupaten.

    Koordinasi tersebut, menurut Suhardi, adalah melingkupi persiapan dari semua segi aspek, termasuk pariwisata, budaya, produk unggulan dan hal-hal lainnya yang akan dijadikan sebagai daya tarik untuk ditunjukan kepada para pengunjung nantinya, pada saat pelaksanaan rangkaian kegiatan.

    "Kami sudah koordinasi dengan pihak DPUPR, Disperindagkop dan UMKM, baik tingkat Provinsi Kalteng maupun di tingkat Kabupaten Barsel. Apalagi ini (lomba) kan tingkat Nasional, jadi hal ini merupakan kesempatan emas buat Barsel untuk menunjukan semua potensi daerah, guna menarik perhatian pengunjung dari daerah - daerah lainnya di Indonesia," terang Suhardi.

    Sedangkan dalam hal pendanaan, diakui oleh Suhardi, bahwa baik Provinsi maupun pihak Pemerintah Kabupaten Barsel, telah sepakat berkomitmen akan menganggarkan semua kebutuhan biaya untuk pelaksanaan kegiatan tersebut di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2018.

    "Pokoknya semuanya termasuk dana, akan segera dianggarkan melalui APBDP 2018 nanti," tukasnya.

    Ditambahkan oleh Suhardi, karena di dalam rangkaian kegiatan perlombaan nanti, akan diadakan juga kegiatan pameran, dirinya sangat mengharapkan adanya partisipasi dari daerah-daerah kabupaten Kalteng lainnya, untuk ikut menyumbangkan baik produk unggulan masing-masing daerah untuk dipamerkan, maupun sumbangan dana untuk pembiayaan pameran.

    "Ini harapan saya ya, karena ini berskala nasional, bahkan berdasarkan yang saya dengar informasinya panitia akan mengundang juga beberapa negara tetangga untuk ikut berpartisipasi, merupakan kesempatan untuk seluruh daerah di Kalteng, agar dapat menyumbangkan produk lokal untuk ditampilkan dalam pameran di lokasi perlombaan, juga bahkan berikut dengan dananya!" harapnya.

    Selain itu, Suhardi mengungkapkan bahwa untuk di bidang pariwisata, dirinya sudah punya rencana tersendiri untuk mempromosikan pesona wisata yang ada di Barsel, salah satu programnya pada perhelatan lomba dayung perahu naga tingkat nasional nanti, adalah membawa seluruh peserta lomba tour kebeberapa destinasi wisata terdekat dari pusat kota Buntok.

    "Saya punya rencana untuk mempromosikan wisata di Barsel, nanti kita akan bawa semua atlet dayung dan official dari seluruh daerah, untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata di Barsel yang terdekat dari Buntok, seperti desa wisata Sanggu dan lainnya. Untuk itu, kita sudah melakukan pembenahan di beberapa fasilitas destinasi wisata terutama dermaga Sanggu, selain itu, kita juga bekerjasama dengan pihak swasta yang mengelola destinasi wisata seperti Rawa Wendu (Rawen) dan Tanah Abang, untuk menambah fasilitas di destinasi wisata mereka, selebihnya akan kita anggarkan lagi di APBDP 2018," ungkapkan Suhardi bersemangat.[tampetu]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Menilik Kesiapan Pariwisata Barsel Jelang Kejurnas Dayung Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top