Jelang Pemilu Serentak 2019, Pemkab Kapuas Imbau Masyarakat Segera Penuhi Syarat Pemilih

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilhan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Kapuas mengimbau kepada masyarakat Kapuas untuk berperan aktif dalam menyukseskannya.

Sekda Kabupaten Kapuas, Rianova SH, Rabu (25/4/2018) mengungkapkan, dalam rangka meningkatkan partisipasi
serta menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor : 270/2297/Polpum tanggal 13 April 2018  perihal peningkatan partisipasi masyarakat, pihaknya mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi aktif, termasuk dengan cara segera memenuhi persyaratan sebagai pemilih.

Ini juga, lanjutnya, untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu serentak 2019, berdasarkan pasal 348 ayat (1) huruf A Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang menyebutkan bahwa pemilih yang berhak mengikuti pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) meliputi pemilih yang memiliki kartu tanda penduduk elektronik (Ktp-el).

"Mengingat pentingnya kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) dalam penggunaan hak pilih pada  Pemilu serentak  2019, kami meminta perhatian kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kabupaten Kapuas yang belum memiliki KTP-el untuk segera mengurusnya pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kapuas," terangnya.

Kepada para Camat serta Kepala Desa, juga diimbau agar dapat menyampaikan informasi serta dapat memfasilitasi masyarakat di wilayahnya masing-masing.

"Ini agar dapat mempermudah warganya untuk mendapatkan kartu tanda penduduk elektronik (ktp-el) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kapuas," pungkasnya.[angga]


TAG