• Latest News

    Senin, 23 April 2018

    Jelang Lomba Desa Tingkat Provinsi, DPMD Pulpis Matangkan Persiapan


    PULANG PISAU - Menindaklanjuti surat dari Kepala Dinas PMD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tentang hasil seleksi berkas dan jadwal pelaksanaan penilaian perlombaan desa tingkat provinsi tahun 2018 pada 30 April  mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) menggelar rapat persiapan pemantapan penilaian lomba desa tersebut di Aula Kantor Desa Mantaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Senin (23/4/2018).

    Dalam rapat tersebut, selain membahas tentang persiapan desa, juga dibahas masalah indikator penilaian lomba. Selain itu, tentang jadwal lomba desa serta hal lainnya terkait lomba termasuk jadwal lomba yang sudah ditetapkan dan disepakati.

    Adapun tujuan diselenggarkaannya rapat tersebut, guna melakukan persiapan, pembenahan serta pemantapan lebih baik dan optimal lagi dalam persiapan mengikuti lomba desa tingkat provinsi Kalteng yang waktunya hanya beberapa hari lagi.

    Mengingat Desa Mantaren II adalah Desa yang mewakili wajah desa terbaik di Kabupaten Pulang Pisau. Dari itu, Dinas PMD Pulpis yang sebagai leding Sektor bersama Dinas Terkait, TP PKK dan desa, bersama sama melakukan persiapan dan pembenahan lebih lanjut utuk pemantapan.

    "Pemantapan ini agar lebih matang lagi dalam mengikuti lomba tingkat Provinsi Kalteng yang rencananya berlangsung pada 30 April 2018 mendatang," Kata M Syariful Pasaribu, saat dikonfirmasi KabarKalteng, Senin (23/4/2018) via telepon selulernya.

    Dia menerangkan, mengapa Desa Mantaren II yang terpilih sebagai perwakilan desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Pulang Pisau untuk mengikuti lomba desa tingkat provinsi, karena Desa Mantaren II merupakan desa yang terpilih sebagai Juara Pertama pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Pulang Pisau.

    Jadi, tambahnya, sebagai Juara Pertama Tingkat Kabupaten, maka Mantaren II adalah Desa yg mewakili Kabupaten Pulang Pisau dalam mengikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalteng yang direncanakan akan berlangsung dan dinilai oleh Tim Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalteng pada 30 April 2018.

    Beberapa indikator yang menjadi penilaian dalam lomba desa ini, lanjut Syariful, yakni adanya profil desa dua tahun terakhir dari tahun 2016 dan 2017,  perkembangan desa harus dalam posisi minimal swakarya dan swasembada dan Mantaren II, ini sudah memenuhi kriteria mininal sebagai desa swakarya. Kelengkapan administrasi Pemerintah Desa, memiliki hubungan baik antara lembaga Desa (BPD, Karang Taruna, Bumdes, RW, RT dll).

    Selanjutnya, kata Syariful, adanya pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan adanya pengembangan program kegiatan yang bersipat inovatif yang memiliki keunikan dan dapat mendorong kemajuan Desa.

    "Sedikitnya ada 6 poin indikator penilaian pada lomba desa ini," tukasnya.

    Dengan ini Syariful berharap, mengingat tahun lalu mampu meraih Juara III pada Lomba Desa tingkat Provinsi Kalteng, Desa Garantung Kecamatan Maliku, maka diharapkan bisa dipertahankan, minimal dalam posisi tersebut bahkan diupayakan ada peningkatan prestasi dari tahun sebelumnya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Jelang Lomba Desa Tingkat Provinsi, DPMD Pulpis Matangkan Persiapan Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top