Ini Tiga Poin Penting Pelantikan Dewan Hakim MTQ Pulpis

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) XXIX yang berlangsung mulai 14 hingga 21 April 2018 di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis). Di H-1, Sabtu (14/4/2018), dewan hakim dan panitera pun resmi dilantik.

Pelantikan dewan hakim dan panitera ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme para dewan hakim, dan panitera dalam pelaksanaan MTQ, serta dalam rangka membangun integritas para dewan hakim, dan panitera dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya.

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H Sugianto Sabran yang dibacakan Sekda Kalteng, Plt Fahrizal Fitri, menyampaikan, sedikitnya ada tiga poin penting yang harus ditanamkan oleh dewan hakim dan panitera.

Poin itu, yakni dewan hakim dan panitera menjunjung tinggi objektivitas yang dilandasi ketulusan hati, keiklasan sehingga mampu menghindari pola pikir yang bersifat subyektif dalam memberikan penilaian.

Poin kedua dewan hakim dan panitera memegang teguh asas keadilan dan mampu menyelami rasa keadilan masyarakat, dengan menghindari relasi pribadi antara dewan hakim dan peserta. Sebab lanjutnya, dewan hakin dan panitera merupakan tumpuan dan harapan dalam menegakkan keadilan dan kejujuran.

Sementara pada poin ketiga, dewan hakim dan panitera bersikaf dan bertindak profesional dalam arti memegang teguh pada aturan yang berlaku dalam melaksanakan tugas dan amanah sesuai dengan keahlian/kompetensi masing-masing secara maksimal dan sebaik-baiknya.

"Ketiga hal tersebut diharapkan agar mampu dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, karena pelaksanaan perhakiman bukan saja dipantau oleh bidang pengawasan resmi, tetapi juga senantiasa diperhatikan," imbuhnya.[manan]


TAG