Ikut Cerdaskan Bangsa, PDIP Gelar Try Out SBMPTN

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Kabupaten Barito Selatan, memberikan pelayanan tryout SBMPTN gratis, bagi siswa dan siswi yang baru lulus dari SMA di Barsel.

Untuk pertama kalinya terjadi di Indonesia, sebuah Partai Politik, ikut serta memberikan try out bagi siswa dan siswi lulusan baru SMA, untuk mempersiapkan diri menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Barsel.

Ditemui di kantornya, Kamis (19/4/2018), Ketua DPC PDIP Barsel, Ir HM Farid Yusran MM, menjelaskan, bahwa kegiatan Try Out itu sendiri, rencananya akan digelar pada 29 April 2018 mendatang, secara serentak di seluruh Indonesia.

“Kegiatan try out tersebut digelar secara gratis serentak di seluruh Indonesia, untuk itu kita di Barsel menargetkan peserta sebanyak 300 orang,” ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan kegiatan Try out nanti, pihaknya memiliki pilihan untuk tempat kegiatan tergantung jumlah pesertanya.

“Mengingat sekretariat DPC PDIP Barsel tidak terlalu luas, maka bila peserta dibawah 100 orang maka kegiatan akan digelar di Sekretariat DPC PDIP, namun bila pesertanya lebih dari 100 orang maka terpaksa kita meminjam tempat lain yang lebih luas,”ujar Farid.

Menurut Farid, untuk kisi- kisi soal try out dibuat oleh Tim DPP,  termasuk hasilnya akan dinilai oleh DPP sehingga hasil tidak bisa direkayasa.Kegiatan Try Out itu sendiri, rencananya akan digelar pada 29 April 2018 mendatang, secara serentak di seluruh Indonesia.

“Kegiatan try out tersebut digelar secara gratis serentak di seluruh Indonesia, untuk itu kita di Barsel menargetkan peserta sebanyak 300 orang,” kata Ketua DPC PDIP Barsel HM Farid Yusran MM kepada KabarKalteng, Kamis (19/4/2018).

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan kegiatan Try out nanti, pihaknya memiliki pilihan untuk tempat kegiatan tergantung jumlah pesertanya.

“Mengingat sekretariat DPC PDIP Barsel tidak terlalu luas, maka bila peserta dibawah 100 orang maka kegiatan akan digelar di Sekretariat DPC PDIP, namun bila pesertanya lebih dari 100 orang maka terpaksa kita meminjam tempat lain yang lebih luas,”ujar Farid.

Menurut Farid, untuk kisi- kisi soal try out dibuat oleh Tim DPP,  termasuk hasilnya akan dinilai oleh DPP sehingga hasil tidak bisa direkayasa.

“Untuk wilayah Barsel, bisa datang langsung menghubungi panitia kegiatan di Sekretariat DPC PDIP Barsel di jalan pelita Raya Buntok,” diumumkannya.

Mantan Bupati Barsel ini menambahkan, tujuan digelarnya try out, adalah untuk membantu pelajar di Barsel saat mengikuti tes SBMPTN yang sebenarnya nanti, agar bisa lulus dengan hasil yang memuaskan.

“Hal itu mengingat kegiatan Try out ini untuk mengukur kemampuan lolos Perguruan Tinggi Negeri (PTN), selain itu, program try out tersebut digelar karena tingginya animo pelajar di sekolah untuk masuk PTN,” pungkasnya.

Menurut data yang diterima KabarKalteng dari panitia pendaftaran Try Out SBMPTN PDIP, hingga hari kedua pendaftaran, sudah ada sekitar 25 orang siswa-siswi baru lulus SMA yang sudah mendaftarkan diri. Ke-25 orang tersebut, merupakan siswa dan siswi dari delapan SMA yang diundang oleh PDIP, yakni SMAN 1 Buntok, SMAN 2 Buntok, SMAN 3 Buntok, SMAN 4 Buntok, SMK N 1 Buntok, SMK N 2 Buntok, MAN Buntok, SMA Kristen Buntok.

Ditemui di sela kegiatan pendaftaran, salah satu siswa lulusan SMAN 1 Buntok, Nidya Puteri Aningdi, mengaku sangat senang dan berterima kasih, karena dengan adanya Try Out gratis yang dilaksanakan oleh PDIP tersebut, dirinya merasa sangat terbantukan.

"Saya sangat senang dan terima kasih buat PDIP yang bersedia menyelenggarakan Try Out gratis ini. Kami benar-benar merasa terbantukan dengan adanya Try Out ini, sebab selama ini untuk menghadapi SBMPTN, beberapa dari kami merasa sangat terbebani, karena harus mencari materi sendiri dan belajar sendiri. Namun dengan adanya try out ini, kami semakin optimis bahwa kami akan mendapatkan hasil yang memuaskan di pelaksanaan SBMPTN yang sebenarnya," tukas Nidya, yang saat itu hadir bersama puluhan teman lainnya, yang juga ikut mendaftar.

Selanjutnya, diakui oleh Nidya, dirinya sendiri dan bersama teman-teman lainnya dari SMA N 1 Buntok, mengetahui informasi perihal Try Out gratis yanh diselenggarakan oleh PDIP tersebut, merupakan dari grup Whatsapp sekolah.

"Kami tahu informasinya, dari grup whatsapp sekolah," tuturnya.[tampetu]


TAG