Hamdani Dorong Bidang Pertanian Kapuas Surplus Pangan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Anggota DPR RI dapil Kalteng, Hamdani S.IP M.Sos, mendorong bidang pertanian Kapuas agar dapat mencapai surplus pangan. Keinginan itu dikatakannya di halaman kantor Dinas Pertanian, saat menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) secara  simbolis kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Kapuas, Rabu (4/4/2018).

"Dahulu hanya manugal (cara bertani manual) sekarang sudah sistem otomatis, dengan alat dan mesin pertanian," kata mantan Senator Kalteng ini.

Menurutnya, prestasi Kabupaten Kapuas yang telah swasembada pangan, jika mampu untuk ditingkatkan lagi mencapai surplus pangan.

"Surplus bisa membagi ke daerah-daerah lain hasil tanaman padi, Bulog tak lagi membeli beras dari luar," imbuhnya.

Menurut Hamdani, dengan dukungan pemerintah melalui bantuan berbagai  Alsintan, memungkinkan hal itu bisa dicapai.

Diketahui sebelumnya melalui komisi IV DPR RI, Hamdani gencar memperjuangkan  berbagai  bantuan dari APBN, khususnya Alsintan bagi kemajuan sektor Pertanian di Kalimantan Tengah.

Hamdani yang merupakan putra Kalteng asal Pangkalanbun tersebut menyampaikan, guna memaksimalkan produksi panen padi diperlukan beberapa  rice milling unit (RMU) atau mesin penggilingan padi modern. Hal itupun telah disampaikan kepada Kementerian terkait.

Kepala Dinas Pertanian, Ir Anjono Bhakti dalam sambutan tertulisnya mengatakan, Alsintan sangat berperan dalam upaya meningkatkan swasembada pangan, mengatasi kekurangan tenaga kerja dibidang pertanian, mempercepat pengolahan tanah.

"Kapuas sebagai lumbung pangan di Kalteng, Alsintan sangat penting untuk mencapai target swasembada pangan," ucap Anjono dalam sambutan tertulisnya.[zulkifli]


TAG