Gelar Rapat Pleno, KPU Tetapkan DPT Sebanyak 91.585

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), (19/4/2018) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  Kabupaten Pulang Pisau tahun 2018, pada rapat pleno KPU dengan jumlah 91.585 DPT.

Penetapan DPT tersebut digelar dalam rapat terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT Pemilihan Bupati dan Bupati Pulpis Tahun 2018 yang berlangsung di Aula Kantor Bupati, Kamis (19/04/2018).

"Hari ini kita menggelar rapat pleno penetapan DPT pada pilkada Pulpis 2018.  DPT berjumlah 91.585 itu tersebar di 325 TPS di Kabupaten Pulpis," kata Ketua KPU Pulpis, H Untung Surapati kepada sejumlah awak media, Kamis (19/4/2018).

Tahapan rekapitulasi DPT ini merupakan tindak lanjut dari rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang merupakan hasil perbaikan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Diterangkan H Untung begitu sapaan akrabnya, DPS itu sebelumnya telah melalui pleno terbuka PPS di tingkat desa/kelurahan, sebagaimana dalam pasal 20 PKPU 2 tahun 2017 tentang pemutahiran Data dan Daftar Pemilih.

Hasil penetapan DPT ini, selanjutnya akan diumumkan kepada masyarakat secara luas dan terbuka melalui penyelenggaraan pemilihan di tingkat desa dan kelurahan.

“Melalui berbagai proses dan tahapan pemuktahiran data, kita berharap DPT yang dihasilkan menjadi data yang transfaran, akurat, dan akuntabel. Karena, KPU dan jajaran telah berupaya maksimal untuk melakukan pendataan dan pemutakhiran, perbaikan dan secara terbuka menyampaikan kepada masyarakat untuk ditanggapi,” katanya.

Sampai pada tahapan ini pun, lanjut H Untung, KPU Pulpis tetap berupaya mensosialisasikan imbauan perekaman KTP elektronik kepada seluruh masyarakat dengan berbagai cara, yang mana menurut kententuan PKPU 8 tahun 2017 KTP - el atau surat keterangan perekaman KTP elektronik adalah syarat yang harus dipenuhi sebelum pemilih menggunakan hak pilihnya.

"Dalam kesempatan ini, kita juga menyampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan dan masing-masing saksi pasangan calon untuk turut membantu dalam mensosialisasikan kepada masyarakat luas. Masyarakat dapat membawa e-KTP/ surat keterangan dan formulir C6 saat datang ke TPS untuk ditunjukkan kepada petugas KPPS sebelum melakukan pencoblosan," pungkasnya.[manan]


TAG