Dinkes Kapuas Kampanyekan Imunisasi Measles Rubella

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas mensosialisasikan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR).

"Kampanye Imunisasi MR adalah kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya," jelas Kadinkes Kapuas melalui Kabid pencegahan dan penanggulangan penyakit, dr Tri Setia Utami MPHM.

Kegiatan yang digelar pada Selasa (3/4/2018) di Aula Bappeda Kapuas itu melibatkan seluruh kepala Puskesmas se- Kabupaten, koordinator imunisasi (Korim), dari RSUD, gudang farmasi dan dari Dinkes sendiri.

"Ini untuk mereview microplaning yang sudah disusun sebelumnya, menyamakan persepsi serta membahas masalah teknis dan yang lainnya," imbuh dr Tri.

Dikatakan kegiatan itu merupakan program nasional dari Kemenkes sebagai persiapan kampanye imunisasi MR fase ke-dua yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus dan September 2018, di mana untuk zona kalimantan termasuk dalam fase yang kedua.

Pihaknya akan segera melaksanakan program itu, dan diharapkan semua pihak terkait agar turut mendukungnya  mengingat ini merupakan komitmen global. Indonesia sendiri sudah berkomitmen untuk eliminasi campak dan rubella di tahun 2020.

"Semua lintas sektor diharapkan untuk mensukseskannya," pungkas dr Tri.[angga/zulkifli]


TAG