Bentuk Karakter Anak Sejak Dini, Disdik Gelar Lomba Kreasi Tari Daerah Tingkat PAUD dan TK

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Selatan, menggelar perlombaan kreasi tarian daerah tingkat PAUD dan TK, sebagai upaya membangun karakter anak bangsa yang mencintai budaya dan adat istiadat Nusantara sejak usia dini.

Senin (16/4/2018), Gedung Aula Pertemuan Disdik Barsel, dipadati ratusan orang, yang terdiri dari anak usia 4 sampai 5 tahun yang didampingi oleh orang tua murid serta guru-guru pendamping, keriuhan dan sorak-sorai terdengar di setiap saat memenuhi ruangan. Terkadang sesekali terdengar suara gelak tawa, yang ditimbulkan karena tingkah polah lucu anak-anak yang tengah menampilkan tari-tarian.

Wajah ceria dan kebahagiaan, tampak memancar dari semua yang hadir dalam kegiatan yang baru untuk pertama kalinya digelar tersebut. Nampak antusias peserta sangat luar biasa, dengan jumlah peserta yang mencapai 81 orang dari 16 kelompok TK dan PAUD se-Barsel, yakni 14 kelompok dari TK dan PAUD dalam Kota Buntok, dan dua lainnya merupakan dari TK Desa Baru dan TK Desa Mabuan, cukup meriah dan sangat bagus untuk kegiatan yang baru pertama kali digelar.

Ditemui di sela kegiatan, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Nonton Formal (PNF) Disdik Barsel, Ir Faridah Hadiyatul CH MPd, mengatakan bahwa dilaksanakannya kegiatan lomba kreasi tarian daerah anak tersebut, selain merupakan upaya memperkenalkan dan menanamkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap adat istiadat dan budaya, juga diharapkan membangun karakter anak yang cinta akan kebersamaan dan gotong royong, sejak usia mereka masih dini.

"Selain menanamkan kecintaan dan kebanggaan anak-anak terhadap adat istiadat dan budaya lokal maupun nusantara, juga diharapkan mampu menanamkan semangat kebersamaan dan gotong royong bagi anak-anak, melalui kerjasama tim," tukas Faridah menjelaskan.

Selain itu, kenapa lomba tersebut berjudul lomba kreasi, menurut Faridah, hal tersebut sengaja dilakukan pihaknya, guna memberikan kebebasan bagi anak-anak untuk mengembangkan kreatifitas mereka masing-masing, juga agar anak bisa lebih leluasa mempelajari segala macam jenis tarian tradisional, baik dari kebudayaan lokal Barsel, maupun dari daerah lainnya.

"Sengaja kita (Disdik) bikin lomba kreasi, agar anak-anak lebih leluasa mencari, mengenal dan mempelajari kebudayaan dari daerah lainnya," terangnya.

Lebih lanjut dijanjikan Faridah, Disdik Barsel akan mengagendakan kegiatan tersebut, menjadi acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun, hal ini menurutnya harus dilakukan, mengingat pendidikan karakter anak sejak dini merupakan hal penting yang harus dilakukan sebagai pembentukan moral.

"Semoga saja kegiatan ini, bisa terus dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan, karena pembentukan karakter anak adalah salah satu metode pendidikan yang penting dikembangkan, guna pembentukan moral anak," tukasnya.[tampetu]


TAG