38 Guru Kapuas Tengah Ikuti Kursus Mahir Dasar Pramuka

Print Friendly and PDF


Kursus Mahir Dasar Pramuka - Wakil Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas Hj Deny Widanarni SE MAB didampingi Para Pelatih Pembina Pramuka, Pegurus Kwartir Ranting Kapuas Tengah,  Rustam Efendi Managemen PT Asmin Bara Baronang dan 38 Peserta Kursus Mahir Dasar se Kecamatan Kapuas Tengah.

KUALA KAPUAS  – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas Rianova SH dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Ketua Kwarcab Kapuas Hj Deny Widanarni SE MAB saat membuka Kursus Mahir Dasar (KMD) Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kapuas Tengah Senin (9/4/2018) lalu di Dusun Tumbang Mamput Desa Barunang Kapuas Tengah mengajak seluruh peserta KMD agar berperan aktif dalam membentuk karakter anak dan pemuda Indonesia.   

“Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Guru yang telah mengikuti KMD diharapkan semakin meningkat kesukarelaannya sebagai Pembina Pramuka dalam membentuk karakter dan kecakapan hidup kader bangsa,” ucap Hj Deny.

Wanita yang juga Staf Ahli Bupati Kapuas menambahkan jika seorang guru sebagai peserta KMD berarti telah mengikuti pendidikan penjenjangan paling dasar sebagai Pembina Pramuka.

“Jika selama ini Kakak-Kakak telah aktif membina Pramuka di pangkalan/sekolah, saya harapkan setelah mengikuti KMD ini sudah tentu akan semakin meningkat lagi baik dari segi kualitas, kuantitas maupun kesukarelaannya sebagai Pembina Pramuka,” ucapnya.

Sebelumnya, pengurus Kwaran Kapuas Tengah Mujiono SPd melaporkan sebanyak 38 guru SD, SMP dan SMA se Kecamatan Kapuas Tengah selama enam hari sejak pagi hingga malam hari berada dalam kehidupan perkemahan mengikuti kursus, sedangkan pemateri kursus sebanyak 15 Pelatih dari Pusdiklatcab Kapuas.

“Hampir seluruh biaya pelaksanaan keikutsertaan Peserta dan Kursus dibantu oleh PT Asmin Bara Baronang.  Saya mewakili seluruh peserta dan Gerakan Pramuka Kapuas menyampaikan terima kasih atas bantuannya sehingga KMD yang baru pertama kali di Kapuas Tengah ini dapat terlaksana,” lapor Mujiono.

Masih di tempat yang sama, Rustam Effendi dari unsur Pimpinan PT Asmin Bara Baronang menyatakan rasa bangganya karena dengan susah payah para Pelatih Pusdiklatcab Kapuas maupun Peserta KMD dapat melihat dari dekat perusahaan yang bergerak di bidang batubara ditengah belantara Kalimantan Tengah.

“Terselenggaranya kursus ini berkat semangat para Pembina Pramuka untuk meningkatkan kompetensi dan kesukarelaannya dalam menumbuhkan tunas-tunas bangsa yang berkualitas. Bantuan yang kami berikan adalah salahsatu wujud dari kepedulian perusahaan terhadap perkembangan pendidikan. Ke depan harapan kami peserta kursus dapat melanjutkan ke jenjang Kursus Mahir Lanjutan,” ucap Rustam.

Terpisah Sekretaris Kwarcab Pramuka Kapuas Dr H Suwarno Muriyat selaku Pelatih Pembina Pramuka Kapuas mengutarakan sebelumnya kursus sejenis telah dilaksanakan di Kecamatan Timpah diikuti sebanyak 36 peserta. Setelah Kapuas Tengah 38 peserta akan segera menyusul KMD di Kapuas Hulu.

“Semakin banyak guru atau masyarakat yang mengikuti pendidikan penjenjangan dalam kepramukaan berupa KMD, KML, KPD dan KPL maka kualitas dan kuantitas kepramukaan akan semakin meningkat sebagai Pembina Pramuka pembentuk sumber daya manusia pembangun bangsa dan negara,” pungkas H Suwarno.[angga]


TAG