Sinkronkan dan Sinergikan Program Usulan Musrenbang, Pemkab Pulpis Gelar Forum Perangkat Daerah

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Menindaklanjuti hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, menggelar Forum Perangkat Daerah di Aula Bappedalitbang, Senin 26/3/2018).

"Forum ini untuk mensinkronkan dan mensinergitaskan program dan kegiatan usulan hasil Musrenbang kecamatan tahun 2018 ini, dalam dokumen rencana kerja organisasi perangkat daerah (Renja-OPD) tahun 2019 mendatang," ujar M Hatta saat membacakan sambutannya.

Diterangkan Hatta, dalam rangka melaksanakan amanat Undang,-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem rencana pembangunan nasional dan Undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua terhadap Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

Karena itu, pemerintah diwajibkan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 20 tahun; Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 5 tahun; dan Rencana Kerja Pemerintah (RKPD) sebagai rencana tahunan.

Dari itu, lanjutnya, setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan tentunya sangat memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan (stakeholder), yang dimulai pada forum musyawarah perencanaan pembangunan ditingkat desa dan kecamatan yang telah dilaksanakan pada periode Januari-Februari 2017 lalu.

"Makanya forum daerah yang kita laksanakan pada hari ini, merupakan momen yang sangat penting dan strategis. Karena forum ini sebagai wadah bersama pelaku pembangunan untuk mensinergikan dan mensinkronkan hasil Musrenbang kecamatan dengan rencana kerja OPD kabupaten untuk program dan kegiatan tahun 2019 mendatang," tuturnya.

Pada kesempatan itu pula, Hatta mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir bahwa kegiatan forum gabungan yang dilaksanakan adalah sebagai bentuk proses sinkronisasi tahapan perencanaan awal dalam rangka persiapan penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah periode tahun 2018-2023.

"Untuk rancangan rencana kerja OPD tahun 2019 yang disusun berdasarkan masukan yang kita kita dapatkan pada hari ini, merupakan perencanaan tahun pertama yang akan kita tuangkan bersama di dalam dokumen RPJMD periode 2018-2023," tuturnya.[manan]


TAG