Polres Pulpis Gelar Simulasi Pengamanan Kotak Suara Jalur Sungai

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pulpis, pihak Polair Polres Pulang Pisau, Jumat (9/3/2018) menggelar simulasi pengamanan kotak suara yang dilaksanakan di Aliran Sungai Kahayan, Kota Pulang Pisau.

Simulasi melibatkan kurang lebih 40 personel gabungan dari  Polres Pulpis dengan menggunakan fasilitas perahu Polair Polres setempat. Sebelum menggelar simulasi dilakukan apel pasukan yang dipimpin langsung Kabag Ops Polres Pulpis, AKP Aziz.

Usai apel, digelar praktik tatacara pengamanan kotak suara dengan melakukan beberapa pengamanan yang dimaksud, di antaranya kotak suara dibalut dengan lakban dan dibungkus dengan plastik khusus, agar saat proses pengantaran ke TPS tidak berpengaruh pada surat suara yang ada di dalam kotak. 

"Karena nantinya menggunakan jalur air, maka kotak suara kita balut dengan lakban dan kita bungkus dengan plastik khusus, biar nantinya misal saat pengantaran terjatuh ke sungai, maka air tidak masuk ke dalam kotak suara dan surat suara di dalamnya tidak basah," ujar AKP Aziz didampingi KasatPolair Polres Pulpis, Iptu Hariyanto, kepada sejumlah awak media, Jumat (9/3/2018).

Dikatakannya pula, mengingat hal ini tidak sama dengan menggunakan jalur darat, maka dari itu persiapan dilakukan dari sekarang harus matang. Karena, perjalanan melalui jalur sungai tentunya tidak bisa diduga.


Bisa saja nantinya banyak kendala-kendala yang menghambat proses pengantarannya, dan salah satunya faktor cuaca, seperti angin, gelombang dan hujan serta faktor-faktor lainnya. Dari itu, mulai hari ini dimatangkan persiapannya.

"Kendala jalur sungai ini kan yang tak bisa kita duga adalah masalah cuaca, seperti angin, gelombang dan hujan," tukasnya.

Meski demikian, lanjut AKP Aziz, selain hal di atas juga yang perlu diperhatikan ialah masalah alat transportasi, di mana nantinya sebelum proses pengantaran kotak suara harus benar-benar dicek dulu.

"Dicek dulu alat trnsportasi sebelum berangkat dan kapasitas muatannya diatur secara seksama. Misal mampunya sekian yang harus disesuaikan, jangan sampai kelebihan kapasitasnya," tuturnya.

Dirinya berharap pada hari H nanti pelaksanaan pengantaran kotak suara melalui jalur air ini berjalan lancar dan aman.

"Ikut mengawal nantinya dari pihak KPPS, anggota Panwas dan anggota Polres Pulpis. Yang mana kotak suara nanti berada di tengah-tengah dan diapit oleh Linmas," jelasnya.[manan]



TAG