• Latest News

    Sabtu, 17 Maret 2018

    Polres Barsel Gelar Deklarasi Anti Hoax


    BUNTOK - Kepolisian Resort (Polres) Barito Selatan (Barsel) menggelar deklarasi anti hoax bagi warga pengguna media sosial.

    Semakin maraknya berita hoax dan isu serta ujaran kebencian di media sosial, membuat Polres Barsel menggelar deklarasi anti hoax dengan motto; Kami Indonesia, Kami Anti Hoax, NKRI Harga Mati.

    Deklarasi dilaksanakan di Taman Iring Witu, Kota Buntok, Minggu (18/3/2018) pagi. Dengan adanya deklarasi tersebut, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada warga untuk tidak mudah percaya maupun terpengaruh dengan berita yang beredar di media sosial yang tidak jelas asal usulnya, terlebih berita-berita menjurus yang bisa mengakibatkan perpecahan dan konflik.

    Kapolres Barsel AKBP Eka Syarif Nugraha Husen menjelaskan, deklarasi anti hoax tersebut sebagai gerakan moral untuk menangkal berita hoax maupun ujaran kebencian di Bumi Dahanai Tuntung Tulus.

    "Dampak yang ditimbulkan adanya berita hoax sangat luar biasa antara lain, dampak sosial, ekonomi, politik, keagamaan dan yang lebih besar adalah bisa mengancam keutuhan negara," tegasnya.

    Dilanjutkannya, ancaman bagi penyebar hoax, dalam bab ketentuan pidana pada UU ITE No. 11 Tahun 2008, pasal 45 ayat 2. Setiap orang yang memenuhi unsur dimaksud dalam pasal 28 ayat 1 atau ayat 2 maka dipidana paling lama 6 tahun atau denda Rp1 miliar.

    "Bagi pelaku penyebar hoax akan dipidana paling lama 6 tahun dan denda satu milyar rupiah," pungkasnya.

    Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Barsel, Ketua DPRD, Dandim 1012/Buntok, Kepala Pengadilan, Kepala Kejaksaan, Forkopimda, Ketua DAD, Ketua NU, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para awak media serta kumonitas sepeda serta warga kota buntok.[kenedy/deni]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Polres Barsel Gelar Deklarasi Anti Hoax Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top