• Latest News

    Senin, 12 Maret 2018

    Peresmian Pelabuhan Sei Tunggul Menunggu Hasil Rakor dengan Kemenhub


    PULANG PISAU - Pengoperasian Pelabuhan Sei Tunggul di Kecamatan Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) masih menunggu hasil rapat koordinasi dengan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dalam hal ini Direktur Kementerian Perhubungan Darat.

    "Untuk pengoperasionalan pelabuhan Sei Tunggul setelah kita selesai rapat, yang rencananya akan kita laksanakan pada akhir bulan ini," ucap Kepala Dishub Pulpis, John Oktoberiman melalui Kabid Transportasi Laut. ASDP, Sumanto kepada KabarKalteng, Senin (12/3/2018) di ruang dinasnya.

    Menurut Sumanto, pihaknya sudah melayangkan surat permohonan penetapan tentang pelaksanaan penetapan pengoperasian permanen pelabuahan penyeberangan Sei Tunggul (Bahaur).

    Sedikitnya, lanjut Sumanto, ada sejumlah poin dasar pada surat penetapan pengoperasian yang telah kita sampaikan kepada Direktur Perhubungan Darat, yakni sehubungan telah selesainya pembangunan pelabuhan penyeberangan  Pulang Pisau (Kalteng) - Paciran (Lamongan) Jawa Timur.

    Maka sekiranya Kemenhub menetapkan pelaksanaan pengoperasian pelabuhan penyeberangan di Bahaur dan dalam rangka memberikan pelayaran kepada masyarakat terutama angkutan barang dari dan memuju Pulang Pisau, serta upaya persiapan pelayaran menghadapi lebaran 1439 Hijriah tahun 2018.

    "Kalau untuk lokasi pelabuhan sendiri sudah hampir 80 persen, tinggal menunggu finishing dan diresmikannya saja. Yang pastinya pada April depan, pelabuhan sudah beroperasional dan untuk kapal sudah siap," sedikit terangnya.

    Memang, tambah Sumanto, pihaknya tidak memungkiri kalau kondisi jalan masih belum maksimal. Meski demikian, hal itu tidak terlalu menjadi kendala berarti karena hanya dua titik jalan saja yang masih belum maksimal antara Desa Talio Muara dan sekitar arah Pangkoh. Namun, itu juga sudah akan dilakukan peningkatan lagi.

    "Untuk akses jalan cuma sedikit saja yang masih belum maksimal, tapi tahun ini juga akan digenjot kembali. Karena untuk akses jalan ini merupakan jalan provinsi," ungkapnya.

    Sampai saat ini, ujar Sumanto, biaya yang sudah dikucurkan pemerintah pusat dalam pelaksanaan pembangunan pelabuhan penyeberangan Bahaur-Paciran ini kurang lebih lebih 107 miliar.

    "Semua anggaran pembangunan pelabuhan bersumber dari dana APBN oleh Kemenhub RI, kita hanya asetnya saja. Kita juga berharap nantinya peresmian pelabuhan dimaksud dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama. Semoga ke depannya Pulpis akan lebih baik dan maju lagi," tuturnya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Peresmian Pelabuhan Sei Tunggul Menunggu Hasil Rakor dengan Kemenhub Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top