Pelabuhan Sei Tunggul Bahaur akan Difungsikan, Kapan??

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Pejabat sementara (Pjs) Bupati Pulang Pisau (Pulpis), Muhammad Hata, mengacungi jempol dengan kemajuan Kabupaten yang berjuluk Bumi Handep Hapakat ini. Acungan jempol oleh Pjs itu bukan tidak berasalan, tapi hal itu dilihatnya dari perkembangan Pulpis yang semakin pesat.

Di antaranya infrastruktur jalan yang makin baik, bangunan-bangunan yang semakin padat dan sejumlah fasilitas pemerintah lainya yang telah diselesaikan pihak Pemkab setempat.

Dalam waktu dekat ini Pemkab Pulang Pisau akan melakukan standar kelayakan pengoperasionalan, sekaligus meresmikan pelabuhan feri penyeberangan Sei Tunggul dengan rute Pulang Pisau - Paciran (Lamongan) di Kecamatan Bahaur, Pulpis.

Pjs Bupati, Muhammad Hata sangat terkesan melihat kemajuan dan perkembangan pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan antar pulau, yakni Kalimantan dan Pulau Jawa. Sebab, lanjutnya, pelabuhan yang menghubungkan antara dua pulau itu, secara bertahap akan diisi dengan fasilitas yang memadai dengan standar operasional yang bagus.

“Hal ini kami lakukan agar nantinya pelayanan di pelabuhan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kendala yang berarti," ucap Pjs Bupati kepada sejumlah awak media, Selasa (6/3/2018).

Menurut Muhammad Hata, dengan adanya pelabuhan ini, tentu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya untuk masyarakat Kabupaten Pulang Pisau.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng, Ati Mulyati mengatakan, Dishub Kabupaten Pulpis juga diharapkan bisa membuka jaringan dengan sejumlah perusahaan.

“Kita harus bekerjasama dengan PDAM, SPBU dan PLN. Sebab perusahaan tersebut nantinya akan menunjang operasional pelabuhan,” ucapnya.

Ditambahkannya, terkait dengan uji standar akan dilakukan pada April 2018, setelah pihaknya melakukan rapat di Surabaya.

"April ini juga akan segera kita operasionalkan. Untuk tanggal masih belum bisa kita pastikan," katanya.[manan]


TAG