• Latest News

    Kamis, 01 Maret 2018

    Pejabat PPID Utama Kapuas ikut Bimtek  Pengelolaan PPID


    KUALA KAPUAS - Pejabat pengelola informasi dan dokumentasi Kabupaten Kapuas, Gusti Mahfuz MA beserta dua staf Sekretariat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menghadiri bimbingan teknis peningkatan kualitas dan kapasitas PPID di Aula Bersama Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (1/3/2018) pagi.

    Bimtek Pengelolaan PPID yang dilaksanakan selama dua hari dibuka oleh Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri S.Hut MP. Turut mendampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik, Ir Herson B Aden M.Si.

    Narasumber Bintek langsung dari Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (selaku PPID Kemendagri), Dr Handayani Ningrum SE M.Si, dan tenaga ahli dari Komisi Informasi Pusat, Annie Londa.

    Kegiatan Bimtekdirangkai dengan launching aplikasi pengelolaan dan pelayanan informasi, aplikasi penanganan aspirasi pengaduan serta SMS gateway yang ditandai dengan penyerahan alat peraga berbentuk smartphone dari Kapuspen Kemendagri kepada Plt Sekdaprov Kalimantan Tengah. Juga langsung dilakukan simulasi pengaduan menggunakan aplikasi SMS Gateway.

    Kepala Dinas Kominfosantik Kalimantan Tengah dalam laporannya meminta agar semua SOPD di Provinsi Kalimantan Tengah maupun Kabupaten/Kota agar dapat menerapkan aplikasi pelayanan informasi publik.

    "Dengan pemanfaatan aplikasi pelayanan pengaduan online ini, diharapkan SOPD aktif dalam pelayanan informasi publik maupun dokumentasi serta wajib menyampaikan laporan secara berkala, karena aplikasi ini sudah terintegrasi," ungkapnya.

    PPID Utama Kapuas mengikutsertakan sebanyak tiga orang. "Ini penting agar mereka semakin menguasai manajemen maupun operasional layanan informasi, baik layanan aspirasi dan pengasduan online rakyat (Lapor) maupun aplikasi sarana aspirasi dan pengaduan (Sapa) online terintegrasi di Kementerian Dalam Negeri,” jelas Suwarno Muriyat, Sekretaris Diskominfosantik Kapuas.[angga]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pejabat PPID Utama Kapuas ikut Bimtek  Pengelolaan PPID Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top