• Latest News

    Kamis, 15 Maret 2018

    Meski Zaman Now, Transportasi Sungai masih Dibutuhkan Warga 


    BUNTOK - Masyarakat di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), sebagian besar masih mengandalkan sarana transportasi angkutan sungai, terutama warga yang bermukim di sepanjang pinggiran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

    Mereka yang ingin bepergian ke beberapa desa tetangga, maupun ke ibukota kecamatan bahkan hingga ke Kota Buntok dan sekitarnya, masih mengandalkan transportasi air, seperti speedboat, motorboat dan perahu bermesin lainnya. Hal ini dikarenakan sebagian desa dan kecamatan masih belum adanya jalan darat.

    Busyairi, salah seorang warga Kecamatan Karau Kuala, Kamis (15/3/2018) mengatakan, angkutan sungai masih menjadi pilihan sebagian warga untuk bepergian ke beberapa wilayah di pinggiran sungai Barito, seperti dari Kecamatan Jenamas hingga ke Kota Buntok. Begitu juga sebaliknya.

    "Kebanyakan di wilayah pinggiran Sungai Barito ini tidak memiliki jalan darat antar desa, kecamatan dan ke kabupaten," jelasnya kepada Kabar Kalteng.

    Jasa transportasi sungai speedboat biasanya beroperasi dua kali dalam sehari. Sedangkan untuk motorboat cuma sekali dalam satu hari.

    "Dua kali dalam sehari untuk spedboat dan sekali untuk motorboat yang melayani tujuan ke beberapa desa antar kecamatan dan ke ibukota kabupaten," pungkasnya.[kenedy/deni]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Meski Zaman Now, Transportasi Sungai masih Dibutuhkan Warga  Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top