Masa Kampanye, KPU Tetap Sosialisasikan Partisipasi Pemilih

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Meskipun tahapan Pilkada telah memasuki masa kampanye, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas tetap saja melakukan upaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Tahun 2018.

"KPU telah membentuk relawan demokrasi, dan sudah melaksanakan kegiatannya bulan maret 2018 ini," kata Suhardi komisioner KPU Kapuas, divisi SDM dan Parmas, Jumat (30/3/2018).

Menurutnya, pelaksanaan relawan demokrasi ini dibagi lima segmen pemilih, yaitu segmen pemilih pemula, pemilih keagamaan, pemilih disabilitas, pemilih pinggiran dan segmen pemilih perempuan.

"Kegiatan hari ini mengevaluasi apa saja dan sampai mana kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh relawan demokrasi di semua segmen," imbuh Suhardi.

KPU, lanjutnya, juga mendata kendala-kendala yang terjadi di lapangan, untuk kemudian mencari solusi bagaimana penyelesaiannya. Selain itu, juga menyusun persiapan kegiatan di bulan April 2018.

"Dari laporan yang disampaikan oleh relawan demokrasi, umumnya berjalan lancar," katanya.

Diungkapkannya, sambutan masyarakat yang dikunjungi pun cukup antusias untuk mendengarkan penyampaian dari relawan demokrasi.

Berbagai upaya dilakukan, mengingat dalam beberapa pemilihan terakhir kecenderungan partisipasi pemilih menurun. Terakhir pada Pilbub 2015 tingkat partisipasi pemilih hanya 50,7 persen saja, sedang target nasional dalam Pilkada serentak tahun 2018 ini adalah 77,5 persen.[zulkifli]


TAG