• Latest News

    Sabtu, 03 Maret 2018

    LSM Bumi Persada Ajak Warga Hidupkan Koperasi


    BUNTOK - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bumi Persada menggandeng Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Barito Selatan, sosialisasikan kepada warga, tentang semangat menghidupkan kembali koperasi di tengah masyarakat.

    Bertempat di Aula Kelurahan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala, Barsel, Sabtu (3/3/2018). Ketua LSM Bumi Persada Pusat Buntok, Akhmad Gatot SPd, bersama  Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Disperindagkop-UKM Barsel, Jamure SE dan Lurah Bangkuang, Satriansyah SAP. Memberikan penyuluhan tentang koperasi Bumi Persada Membangun (BPM), kepada masyarakat Bangkuang.

    Dalam paparannya, Gatot menerangkan pentingnya membentuk sebuah koperasi di tengah masyarakat. Hal ini, bertujuan untuk membangun kebersamaan persefsi masyarakat usaha kecil dan menengah (UKM), demi meningkatkan jumlah modal, jenis usaha serta peningkatan perekonomian kemasyarakatan.

    "Koperasi sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena dengan modal bersama yang lebih besar, akan menguatkan para pelaku UKM," terang Gatot.

    Koperasi BPM sendiri, merupakan sebuah gagasan yang muncul berdasarkan kepedulian LSM Bumi Persada, terhadap kegiatan ekonomi UKM di Barsel.

    Mulai banyaknya peluang yang muncul, dengan banyak masuknya investasi swasta di Barsel, merupakan sebuah pasar yang besar dan harus segera 'ditangkap' oleh masyarakat.

    "Selama ini, yang menjadi kendala bagi pelaku UKM, selain infrastruktur adalah ketersediaan pasar. Maka oleh itu, dengan mulai banyak masuknya investor kewilayah Barsel, harus segera dimanfaatkan oleh masyarakat, sebagai peluang pasar yang sangat besar," tuturnya.

    Mengandalkan konsep ekonomi saling menguntungkan. Koperasi BPM, bertekad membangun sinergitas antara investor swasta, baik perusahaan tambang, perkebunan sawit dan yang lainnya.

    Konsep ekonomi yang dibangun oleh Koperasi BPM, adalah memberikan kesempatan kepada investor swasta untuk menyertakan modalnya kepada koperasi, yang kemudian dana tersebut dikelola oleh koperasi,  untuk kepentingan bersama.

    "Pokoknya koperasi BPM, akan menggunakan konsep ekonomi saling menguntungkan, antara pihak investor yang memberikan penyertaan modalnya kepada koperasi," beber Gatot.

    Menanggapi program koperasi BPM tersebut, Jamure memberikan apresiasinya kepada para masyarakat penggagas koperasi BPM, yang dinilainya memiliki konsep ekonomi paling jelas dan terstruktur.

    "Sepanjang pengalaman saya, puluhan tahun berkecimpung di dunia koperasi dan UKM, koperasi BPM merupakan satu-satunya koperasi dengan konsep paling jelas dan terstruktur," apresiasinya.

    Senada dengan Jamure, Lurah Bangkuang, Satriansyah SAP, juga mendukung apa yang diprogramkan oleh koperasi BPM. Karena menurutnya, dengan konsep ekonomi dan semangat yang disampaikan oleh koperasi BPM, bisa menjadi salah satu kegiatan masyarakat, yang berdampak positif bagi seluruh anggotanya dan juga masyarakat sekitarnya.

    "Sangat visioner, konsep dan semangat yang dituangkan dalam program koperasi BPM, semoga bisa mampu membuka peluang usaha yang lebih baik bagi masyarakat," ucapnya.

    Kegiatan sosialisasi dan sekaligus rapat pembentukkan pengurus koperasi BPM, yang dihadiri sekitar 30 warga dari berbagai macam latar belakang usaha tersebut, bersepakat menunjuk Akhmad Gatot sebagai ketua.[kenedy]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: LSM Bumi Persada Ajak Warga Hidupkan Koperasi Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top