Ketua Panwaslu Ingatkan Disdukcapil Pulpis, Ada Apa Ini..??

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Ketua Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Ubeng Itun kembali mengingatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pulpis untuk secepatnnya melakukan upaya pendataan dan perekaman terkait adanya sejumlah desa yang warganya masih belum melakukan perekaman e-KTP.

"Kita ingatkan kembali kepada Dukcapil setempat segera jemput bola ke masyarakat, untuk melakukan  perekaman e-KTP, di mana ada informasi berhembus masih banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman, terkhusus warga yang berada di perdesaan," tegas Ubeng Itun saat diwawancarai, KabarKalteng, Sabtu (10/3/2018) di ruang kerjanya.

Menurut Ubeng Itun, pihaknya sudah jauh-jauh hari menyampaikan hal ini kepada dinas terkait. Namun, baru-baru ini berhembus kabar bahwa ada masyarakat di daerah Bahaur Hulu yang warganya masih banyak belum melakukan perekaman e-KTP. Hal ini tentunya diharapkan secepatnya ditangani.

"Mengingat kita akan menghadapi pemilihan kepala daerah, jadi sesegera terjun ke lapangan untuk mengkroscek kabar tersebut. Kalau memang benar adanya, biar masyarakat yang sebelumnnya mempunyai hak pilih baik pada Pemilu legislatif dan Pilkada 2013 lalu, dapat kembali hak pilihnya pada pilkada 2018 ini," tutur Ubeng.

Dikatakannya, semisal hal ini tidak segera ditangani, maka bisa dipastikan mereka akan kehilangan hak pilihnya. "Kita harapkan sebelum ditetapkannya DPS dan DPT oleh pihak KPU, maka masyarakat yang belum melakukan perekaman untuk segera melakukan perekaman. Dan dalam hal ini Disdukcapil sangat berperan, dari itu sesegera saja pihaknya terjun ke lapangan untuk mendata ulang, agar ke depannya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," ungkapnya.

"Dan juga kami imbau kepada masyarakat Pulpis yang memang belum melakukan perekaman agar memiliki kesadaran untuk menyampaikan hal itu atau mendatangi tempat perekaman daerah setempat," harapnya.[manan]


TAG