• Latest News

    Senin, 12 Maret 2018

    Kebakaran Kantor Desa Muara Singan Telan Kerugian Rp400 Juta

    BUNTOK - Kebakaran Kantor Desa Muara Singan, Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), Barito Selatan, yang terjadi Senin dini hari (12/3/2018), ditaksir menelan kerugian mencapai Rp400 juta.

    Kerugian yang disebabkan oleh kebakaran kantor Desa Muara Singan, ditaksir sebesar Rp400 juta, karena kondisi bangunan dan perlengkapan kerja serta furniture/meubelier di bangunan, ludes dilalap api.

    Informasi ini diperoleh KabarKalteng, Selasa (13/3/2018), berdasarkan keterangan Kapolres Barsel, AKBP Eka Syarif Nugraha Husen SIK MSI, melalui Kapolsek GBA, IPDA Rahmat Saleh Simamora SH MH, saat ditemui di Kantor Kepolisian Resort (Polres) Barsel.

    Selain nilai kerugian, ia juga menerangkan bahwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat tersebut, kini masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian.

    Dari hasil penyelidikan, sementara ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran, namun berdasarkan keterangan saksi mata, api berawal diketahui dari posisi tengah bangunan dan pada saat kebakaran, kondisi listrik dalam keadaan menyala.

    "Yang pasti, berdasarkan keterangan dari saksi mata, awal api diketahui dari tengah bangunan dan kondisi saat itu, listrik dalam keadaan menyala," terang Simamora.
    Untuk sementara ini, pihak Polsek GB bersama anggota dari Polres Barsel beserta Babinsa sudah menurunkan personil, selain untuk melakukan penyelidikan juga ditugaskan mengawasi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

    "Sudah ada beberapa personil yang ada di TKP, selain melakukan penyelidikan juga melakukan pengawasan terhadap TKP, siang maupun malam hari," tukas Simamora menjelaskan.

    Mengenai kemungkinan, adanya keterkaitan antara kebakaran dan isu "panas" menyangkut pembatalan dan penundaan pilkades Muara Singan, Simamora menepis hal tersebut. 

    Sebab menurut dia, selama ini, pasca terbitnya SK Bupati Barsel Nomor 188.45/426/2017 Tentang Pembatalan dan Penundaan Pilkades Muara Singan, tertanggal 27 Desember 2017. Suasana di desa Muara Singan, masih dalam keadaan kondusif.

    "Menurut saya itu tidak ada hubungannya dengan pembatalan dan penundaan pilkades, karena bisa saya pastikan, hingga saat ini Muara Singan situasinya kondusif dan aman saja," tegasnya.
    Beruntung, dalam kebakaran tersebut selain tidak ada korban jiwa, administrasi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan dan pelaksanaan APBDes, sudah dilaporkan oleh pihak Pemdes kepada Inspektorat seluruhnya.

    "Untungnya LPJ pengunaan ADD dan DD, sudah dilaporkan pihak desa kepada Pemkab dan Inspektorat semuanya, tidak ada yang ikut terbakar," tutup perwira menengah berpangkat satu balok tersebut.[tampetu]

    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kebakaran Kantor Desa Muara Singan Telan Kerugian Rp400 Juta Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top