Forum Gabungan Perangkat Daerah Tekankan Lima Poin Penting

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah yang berlangsung di Aula Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau, Senin (26/3/2018) berjalan dengan aman dan lancar.

Sedikitnya ada lima poin penting pada pelaksanaan tersebut yang disampaikan langsung oleh Pjs Bupati Pulang Pisau, Muhammad Hatta pada kesempatan itu.

Kelima poin tersebut, yakni; Pada poin pertama, Perencanaan yang disusun dalam Renja-OPD tahun 2019 harus mencerminkan skala prioritas yang bertumpu pada kepentingan masyarakat, sehingga dapat dihindari hasil pembangunan mubazir atau tidak dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.

Pada poin kedua, dalam setiap pembahasan program dan kegiatan harus menghitung aspek efesiensi dan efektifitasnya, sehingga setiap ide dan aspirasi dapat diakomodir dengan baik, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi OPD sebagai upaya mewujudkan pembangunan yang lebih bermakna DNA dapat dinikmati oleh masyarakat.

Selanjutnya pada poin ketiga; Koordinasi, sinkronisasi dan integrasi perencanaan dari tiap bidang pembangunan harus dioptimalkan, sehingga dapat dihindari tumpang tindih pelaksanaan pembangunan.

Pada poin keempat; Pemilahan pembiayaan program kegiatan pembangunan yang dibiayai melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan yang diusulkan untuk dibiayai melalui APBN.

Dan terakhir pada poin kelima; Hindari ego sektoral dalam penyusunan perencanaan dengan mengedepankan profesionalitas dan teknokrasi.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat menyalurkan kebijakan-kebijakan strategis dalam upaya membangun Bumi Handel Hapakat yang kita cintai ini," ungkap M Hatta yang didampingi kepala Bappedalitbang Pulpis, Juman, Senin (26/3/2018) di Aula Bappeda setempat. [manan]


TAG