Dukung Program Adipura, Warga Panamas Bergotong Royong

Print Friendly and PDF


KEGIATAN GOTONG ROYONG – Dalam rangka melestarikan budaya gotong royong dan mendukung program Adipura, Kelurahan Panamas melaksanakan Kegiatan Gotong Royong, yang dipimpin langsung oleh Lurah Panamas Slamet Riyadi dan dihadiri oleh Camat Selat Drs Noor Rahman.

KUALA KAPUAS – Dalam rangka mendukung Program Pemerintah Kabupaten Kapuas yaitu dalam mempertahankan Piala Adipura yang diterima pada tahun 2017 yang lalu, Kelurahan Panamas, Kecamatan Selat melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan kelurahan, yang mana dipimpin langsung oleh Lurah Panamas Slamet Riyadi didampingi Babinsa Koramil Selat Subandi, dan Mantir Adat Kelurahan Panamas Matra M Inas, serta dihadiri oleh Camat Selat Drs Noor Rahman.

Kegiatan yang dilaksanakan Jumat, (23/3/2018) lalu itu melibatkan seluruh Ketua RT/RW di Kelurahan Panamas, para pemuda dan tidak sedikit warga juga dilibatkan dalam kegiatan gotong royong tersebut. Namun sebelumnya, dilaksanakan Apel Bersama dan pemberian pengarahan oleh Camat Selat dan Lurah Panamas.

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan tersebut juga dalam rangka penilaian Lomba Gotong Royong Masyarakat Tingkat Provinsi Kalteng, yang mana Kelurahan Panamas menjadi titik pantau pihak penilai tingkat Provinsi Kalteng dan sudah dinilai pada hari Kamis (15/3) beberapa minggu lalu.

Menurut Lurah Panamas, apabila masuk menjadi pemenang, penghargaan akan diterima langsung oleh Bupati Kapuas dalam Acara Bulan Bhakti Gotong Royong dan Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Provinsi Kalteng yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

Slamet mengatakan, gotong royong bukan suatu yang baru bagi masyarakat di Kelurahan Panamas, selain merupakan kegiatan rutin, hal itu juga merupakan budaya bagi masyarakat. “Gotong royong yang kami laksanakan dalam rangka mendukng program pemerintah yang saat ini adalah Adipura, walaupun Kelurahan Panamas tidak termasuk dalam titik pantau penilaian Adipura tetapi kami juga harus siap mendukung dan berpartisipasi dalam mempertahankan Adipura,” terangnya.

Sementara itu, Camat Selat selaku pihak dari kecamatan menyampaikan salut dan menghargai kegiatan yang telah dilakukan oleh masyarakat di Kelurahan Panamas karena melibatkan berbagai pihak komponen masyarakat.

Ia mengatakan intinya bagaimana seluruh pihak tetap melestarikan nilai-nilai kegotong royongan di masyarakat karena memiliki manfaat yang baik, artinya dengan tertib atau rapi dan bersihnya lingkungan akan mendatangkan manfaat yang baik dari pandangan orang lain maupun dari segi kesehatan.

“Kami mengimbau kelurahan lain dapat mencontoh Kelurahan Panamas sehingga bisa menjadwalkan kegiatan seperti ini. Dan kami pun berharap dengan dilibatkannya Kelurahan Panamas sebagai peserta Lomba Gotong Royong Tingkat Provinsi terkait kegiatan BBGRM dan HKG PKK Provinsi, ada dukungan dari kabupaten supaya bisa berprestasi,”tuturnya.[angga]

 

TAG