Disdik Kapuas Gelar Sosialisasi UN dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten menggelar kegiatan Sosialisasi ujian nasional (UN), tingkat SMP/MTs/SMLB/SMA/SMK/MA/SMALB/Paket A, B/Whusta dan C/Ulya tahun pelajaran 2017/2018, bagi kepala sekolah dan stakeholder  pendidikan terkait, se-Kabupaten Kapuas.

Kegiatan berlangsung di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, jalan Tambun Bungai, Kamis (22/3/2018). Kegiatan ini dihadiri satuan UPTD, Kemenag dan undangan lainnya.

"Perlu dipahami ujian nasional merupakan indikator menuju sekolah berikutnya ke jenjang yang lebih tinggi lagi," kata Drs Ilham Anwar MPd, Kadisdik Kabupaten Kapuas saat membuka kegiatan tersebut.

Dalam menghadapi UN, Ilham menekankan agar seluruh kepala sekolah memberikan support dalam bentuk les atas pelajaran tambahan dan bimbingan belajar lainnya. Selain itu, memotivasi siswa  agar peserta didik dalam menghadapi UN fokus belajar baik di sekolah maupun di rumah.

"Kepsek agar mensosialisasikan (ujian nasional) kepada orang tua dan wali murid," imbuh mantan Sekretaris Disdik tersebut.

Kepala sekolah, lanjutnya, jangan sekali-sekali memanipulasi nilai peserta didik karena alasan tertentu, dan harus memberikan nilai murni sesuai apa yang didapatkan siswa.

Dalam kegiatan tersebut Kadisdik Kabupaten Kapuas sekaligus sebagai pemateri UN, di samping pemateri lainnya Alfrid SPd MA yang merupakan Kabid Pembinaan SMP Disdik Kapuas.[zulkifli]


TAG