Dinas Perikanan Pulpis segera Salurkan Bantuan ke Tiga Desa Nelayan

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), tahun 2018 ini akan memberikan bantuan kepada sejumlah kelompok nelayan yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Bantuan itu, berupa fasilitas penunjang tangkap ikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Bantuan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan anggaran Rp1,1 miliar,  rencananya disalurkan di tiga desa yang ada di dua kecamatan di kabupaten setempat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau, Ridwan Syahrani mengungkapkan, untuk tahun ini pihaknya tidak begitu banyak dalam melaksanakan program kegiatan, mengingat masih terkendala  anggaran. Meski demikan, kegiatan di dinas ini tetap berjalan.

"Artinya bukan tidak dapat dilaksanakan program kegiatan, namun seadanya saja. Karena anggaran di dinas kita melalui dana APBD sangat minim. Nah, untuk bantuan kelengkapan fasilitas nelayan yang melalui dana DAK dengan total anggaran Rp1,1 miliar itu nantinya akan kita salurkan di Kecamatan Kahayan Kuala Desa Barunai dan Desa Pesanan serta di Kecamatan Sebangau Kuala," ujar Ridwan Syahrani, saat diwawancarai KabarKalteng, Kamis (8/3/2018) di ruang kerjanya.

Ditambahkannya, bantuan dari dana Rp1,1 miliar yang disalurkan itu nantinya mencakup penyediaan mesin ces, perahu lengkap dengan fasilitasnya, termasuk roda dan mesinnya serta disalurkan ke kelompok nelayan dengan nilai bantuan antara Rp150 hingga Rp200 juta per paketnya untuk kelompok nelayan.

Dijelaskan Ridwan, untuk mendapatkan saluran bantuan tersebut, syaratnya ialah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham.

"Untuk total nelayan di wilayah Kabupaten Pulpis ini sekitar 4.341 jiwa dan masing-masing kelompok antara 10 sampai 20 orang, dari total itu masih sedikit yang memiliki badan hukum. Salah satu untuk mendapatkan saluran bantuan dari dinas perikanan juga harus memiliki kartu nelayan. Jadi, kita harapkan untuk para nelayan agar dapat membuat kartu nelayan untuk legalitas mereka duga," tuturnya.[manan]


TAG