Dewan Kota segera Kebut Pembahasan LKPJ 2017

Print Friendly and PDF

foto: Sigit K Yunianto

PALANGKA RAYA - DPRD Kota Palangka Raya segera menggenjot pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Palangka Raya tahun anggaran (TA) 2017.

“LKPJ telah kita terima, dan segera kita kebut pembahasannya dengan mitra kerja lingkup Pemerintahan Kota Palangka Raya. Nanti akan menghasilkan beberapa poin serta rekomendasi hasil keputusan DPRD. Jadi Tidak ada kata ditunda untuk membahasnya,” ungkap Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Senin (26/3/2018).

Pernyataan ini menanggapi Rapat Paripurna ke-3 Masa Siding I Tahun Sidang 2018 dengan agenda penyampaian pidato pengantar Walikota Palangka Raya tentang  LKPJ TA 2017, Jumat  (23/3/2018) malam, di ruang rapat paripurna gedung dewan setempat.

Menurut Sigit, pihaknya sudah mengetahui ada beberapa poin dari LKPJ Walikota TA 2017 yang belum diaudit BPK.

“Dalam pembahasan akan menghasilkan rekomendasi yang menjadi point serta catatan yang harus diperhatikan pihak Pemerintah Kota  Palangka Raya,” cetusnya.

Sementara dalam paripurna saat itu,  Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio saat membacakan pidato pengantar Walikota tentang  LKPJ TA2017 mengatakan, LKPJ disampaikan kepada DPRD Kota Palangka Raya, sebagai bahan untuk segera dicarikan poin rekomendasi perbaikan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Disebutkan, pada tahun anggaran 2017 jumlah anggaran pendapatan dan belanja daerah Kota Palangka Raya  adalah sebesar, Rp 1.202.932.055.518,16 dan yang terealisasi adalah sebesar Rp 1.903.735.692.449,62 atau mencapai 91 persen. Namun demikian jumlah tersebut belum diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

“Anggaran tersebut sepenuhnya kita gunakan untuk membiayai program prioritas yang bersinergi dan saling melengkapi terutama untuk mencapai visi Kota Palangka Raya sebagai kota pendidikan, jasa dan pariwisata,” jelasnya.

Rapat paripurna ini dihadiri jajaran kepala SOPD, jajaran Forkopinda, lurah dan camat di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya. Turut hadir perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dan IAIN Palangka Raya.[edwan]


TAG