• Latest News

    Rabu, 14 Maret 2018

    Dewan: HPN Harus Menjadi Momentum Kebangkitan Pers Anti Hoaks


    foto: Astianto
    BUNTOK - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan, berharap agar peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018, yang dilaksanakan di Buntok sebagai tuan rumah, dapat dijadikan momentum kebangkitan pers yang anti terhadap berita - berita hoaks.

    Ditemui di sela kegiatan rapat internal DPRD Barsel, Rabu (14/3/2018). Astianto, Sekretaris Komisi II DPRD Barsel, berharap agar pelaksanaan HPN tingkat Provinsi Kalteng 2018, yang diselenggarakan di Kota Buntok, dapat dijadikan momentum oleh seluruh pelaku jurnilistik yang ada di Kalteng umumnya dan di Barsel khususnya, untuk membangun semangat jurnalistik yang anti terhadap pemberitaan hoaks.

    "Semoga dengan peringatan HPN ini, bisa semakin membangun semangat bagi para pelaku jurnalistik, yang anti terhadap berita-berita bohong, berita yang sifatnya mengadu domba dan yang pasti harus anti terhadap berita hoaks," tukas politisi Partai Demokrat ini berharap.

    Harapan tersebut, disampaikan oleh Astianto, karena mengingat pada saat sekarang ini, maraknya kekisruhan baik di bidang politik, pembangunan, ekonomi dan semua lini kehidupan masyarakat, yang berawal dari pemberitaan yang tidak benar atau hoaks.

    "Apalagi sekarang banyak kekisruhan muncul di tengah masyarakat, yang ditimbulkan oleh pemberitaan yang tidak benar dan tidak berdasarkan fakta, ini yang kita tidak inginkan. Jadi intinya, HPN itu harus dijadikan semangat bagi semua wartawan di Kalteng, menjadi poros informasi bagi masyarakat, yang bersifat membangun, mencerdaskan serta meneduhkan suasana," tuturnya.
    foto: Rusinah Andelen

    Harapan senada, juga diutarakan oleh anggota komisi II DPRD lainnya, Rusinah Andelen. Politisi sekaligus Ketua DPD Partai Nasdem Barsel ini, mengatakan bahwa kegiatan HPN yang dilaksanakan di Buntok, dan rencananya dihadiri oleh sedikitnya 500 orang undangan, yakni wartawan dari 14 Kabupaten dan Kota, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalteng, pengurus PWI Pusat, berbagai instansi dan rencananya dibuka langsung oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran tersebut. 

    Sedianya dapat dijadikan harapan bagi masyarakat Barsel khususnya, terutama di bidang pembangunan ekonomi dan promosi daerah.

    "Kan yang datang adalah PWI pusat dan PWI dari seluruh Kalteng, bahkan juga dari beberapa instansi pemerintahan dari seluruh Kalteng, itu bisa jadi harapan dan kesempatan bagi masyarakat Barsel, untuk mempromosikan daerah, untuk pembangunan ekonomi yang lebih baik lagi, bagi Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini," pungkasnya.[tampetu]

    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Dewan: HPN Harus Menjadi Momentum Kebangkitan Pers Anti Hoaks Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top