Curi Sarang Walet, Saolin Nyaris jadi Bulan-bulanan Warga

Print Friendly and PDF


BUNTOK – Yudi alias Saolin warga Desa Damparan Kecamatan Dusun Hilir, nyaris jadi bulan-bulanan warga yang memergokinya melakukan aksi pencurian sarang walet milik Amie alias Mama Nunik, warga Damparan RT. 09 RW. 5, Senin (19/3/2018) sekira pukul 23.00 WIB.

Kapolres Barsel, AKBP Eka Syarif Nugraha Husen melalui Kapolsek Dushil Iptu Hardi Sugito mengatakan, Saolin mencongkel bangunan menggunakan sebuah linggis.

"Tersangka yang merupakan resedivis pencurian pakaian ini, mencungkil bangunan sarang walet dari bawah dengan menggunakan linggis pada Senin malam 19 Maret 2018 sekitar jam 23.00 WIB," ungkap Iptu Heri.

Dijelaskannya, saat tersangka sedang asyik beraksi di dalam bangunan sarang walet tersebut, korban curiga karena mendapati bangunannya berlobang akibat dicongkel. Kemudian pemilik memanggil warga dan meneriaki tersangka agar segera turun dan menyerahkan diri.

"Karena terdesak akhirnya tersangka turun lalu menyerahkan diri bersama sarang walet yang sempat diambil sekitar kurang lebih 3 ons," terangnya.  

Menurut Iptu Heri, saat itu tersangka nyaris hendak dihakimi masa. Namun ada berapa warga  yang langsung melarikan ke rumah kepala desa untuk diamankan.

Kejadian ini dilaporkan ke Polsek Dushil. Tidak berapa lama anggota Polsek Dushil datang dan mengamankan tersangka serta membawanya ke Mapolsek Dushil di Mengkatip guna untuk penyidikan lebih lanjut.

"Atas perbuatanya tersangka dikenakan pasal 363 ayat (1) butir ke 3e, ke 5e KUHP, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," tutupnya.[kenedy/ali]


TAG