• Latest News

    Sabtu, 10 Maret 2018

    Curi Sapi, Tiga Maling antar Kota Didor Polisi..!!


    PULANG PISAU - Kinerja yang sangat bagus ditunjukkan oleh Polres Pulang Pisau (Pulpis). Pasalnya, tidak lebih dari 24 jam, anggota Satreskrim Polres Pulpis berhasil membekuk tiga orang sindikat maling sapi antar kota, Jumat (9/3/2018).

    Sindikat maling sapi yang sudah menjalankan aksi pencurian di sembilan titik lokasi itu berhasil di ungkap, setelah mencuri sapi milik Suripah (51), warga Jalan Mawar II, RT 002, RW 001, Desa Kanamit Jaya Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau, Kamis 8 Maret 2018 sekitar jam 02.00 WIB.

    Peristiwa hilangnya tiga ekor sapi milik Suripah itu, baru diketahui oleh korban sekitar jam 06.00 WIB, ketika korban hendak memberikan makanan peliharaannya itu, setelah melihat kondisi peliharaan (sapi) di kandanganya hilang.  Sontak, korban terkejut, karena daru 4 ekor sapi yang dimilikinya hanya terlihat tinggal 1 ekor saja di dalam kandang.

    Melihat peliharaannya hilang, korban langsung menghubungi aparat kepolisian setempat dalam hal ini Polsek Maliku. Selanjutnya, dilakukan penyelidikan gabungan dengan pihak resmob Polres Pulpis.

    Kapolres Pulang Pisau, AKBP Dedy Sumarsono, saat menggelar press realease dengan awak media di Halaman Mako Polres setempat, Sabtu (10/3/2018) menjelaskan kronologisnya kejadian, bahwa setelah menerima dari laporan korban jajaran Resmob Polres Pulang Pisau langsung bergerak cepat untuk melacak keberadaan sapi.

    Salah satunya, dengan menyebar informasi kepada para blantik sapi (penjual sapi) di Palangka Raya. Dari itu anggota Polres Puang Pisau berhasil menangkap pelaku sindikat maling sapi yang berjumlah 3 orang, berikut dengan barang bukti 3 ekor sapi dan 1 unit mobil pick up.

    Sesuai keterangan press release, 3 orang pelaku yang berhasil diamankan pihak Polres Pulpis, Ruslan Efendi alias Fendi alias Rangga 31 tahun asal Desa Sidorejo Kelurahan Kalibalangan, Kecamatan Lampung Utara, Apriyadi alias Apri 33 tahun warga Jalan sidorejo RT. 001/005 Desa Sinar Ogan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung dan Jabrik yang saat ini sedang dilakukan pengembangan kasusnya di Polresta Palangka Raya.

    "Pelaku ini berhasil kita amankan ketika sedang melakukan transaksi jual beli sapi di Palangka Raya, dan ketiga pelaku terpaksa kita hadiahi timah panas di kaki karena saat tim ingin mengamankan, ke tiga pelaku mencoba melawan dan ingin melarikan diri," ujar Dedy Sumarsono didampinggi Wakapolres Kompol Endro Ariawan SIK dan Kasatreskrim AKP Edia Sutaata di halaman Mapolrer Pulang Pisau, Sabtu (10/3/2018).


    Orang nomor satu di Jajaran Polres Pulpis ini juga menjelaskan, bahwa dengan tertangkapnya sindikat pencurian ternak sapi di Pulang Pisau ini, akhirnya juga dapat mengungkap sejumlah kasus-kasus pencurian ternak sapi lainnya yang dilakukan sindikat tersebut, di antaranya pencurian di wilayah Katingan, Sampit hingga Ralangka Raya yang dilakukan sindikat ini sejak bulan September 2017 hingga saat ini.

    Dari keterangan Kapolres, pelaku sudah melakukan aksi kejahatannya di 9 titik lokasi dan berhasil mencuri ternak sapi berjumlah 21 ekor. Kemudian sapi-sapi tersebut dijual kepada salah satu blantik yang ada di Palangka Raya.

    "Kita sedang melakukan pengembangan kasus ini, dan kemungkinan tersangkanya akan bertambah. Karena, hasil penyelidikan sementara, pelaku mengaku ada 8 orang yang terlibat dalam sindikat ini,"ungkapnya

    Sementara, salah satu pelaku Ruslan Efendi hanya bisa tertunduk malu dan pasrah serta menyesali atas perbuatannya mengaku, untuk memuluskan aksinya pencurian ternak sapi selalu di bekali surat jalan angkut ternak oleh salah satu blantik di Palangka Raya yang menjadi tempat untuk menjual ternak sapi hasil curiannya.

    Sapi-sapi hasil curiannya tersebut dijual dengan harga di bawah standar rata-rata. Seperti 3 sapi hasil curian di Kanamit Jaya itu, Fendi mengaku dijual dengan harga borongan 24 juta. Namun, belum sempat menikmati uang hasil curiannya, sudah keburu ditangkap oleh polisi.

    "Hasil menjual 21 ekor sapi curian itu, saya mendapat bagian sekitar 40 juta, dan uang tersebut saya gunakan untuk DP mobil dan bayar angsurannya," ucapnya sambil menahan rasa sakit di bagian kakinya.[manan]



    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Curi Sapi, Tiga Maling antar Kota Didor Polisi..!! Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top