Berkat Kegigihan, Kelompok Peternak Kerbau Rawa Kini Bisa Berbangga

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Salah satu kelompok peternak kerbau rawa di Kelurahan Bangkuang Kecamatan Karau Kuala, Barito Selatan (Barsel) merasa bangga dengan keberhasilan yang mereka capai.

Kelompok peternak kerbau rawa bernama Mambasar ini mempunyai kandang dan lahan tempat kerbau mencari makan begitu lumayan luas yang berada di ujung kampung, tepatnya di pinggiran jalan Bangkuang - Siong Telang (Bartim).

Lokasi yang berada jauh dari permukiman warga, tetapi berada di lokasi yang banyak rumput dan kondisi tanahnya gambut.

Kerbau-kerbau berukuran besar jenis kerbau rawa tersebut tampak sehat dan gemuk-gemuk.

Menurut salah satu anggota kelompok, Hadriansyah, jumlah kerbau rawa saat ini ada 28 ekor yang dirawat. Kerbau yang dirawat itu sudah besar dan bahkan sudah banyak yang mulai melahirkan.

"Kerbau rawa ini semuanya milik kelompok ternak," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Bangkuang Satriansyah SAP menuturkan, bibit kerbau tersebut didapatkan dari pemerintah di tahun 2013 silam yang pada awalnya berjumlah 21 ekor terdiri dari bibit 19 ekor betina, dan 2 ekor jantan.

Kemudian dipelihara oleh kelompok sejak diserahterimakan sampai berselang selama kurang lebih satu tahun berjalan, kerbau tersebut ada yang meninggal akibat penyakit sehingga kerbau tersebut tersisa 11 ekor.

Berkat kegigihan dan kekompakan seluruh anggota kelompok akhirnya berhasil, dan saat sekarang kerbau kelompok tersebut berjumlah 28 ekor yang terdiri dari, 21 betina dan 7 ekor jantan.

"Kerbau-kerbau itu asal usulnya berjumlah 21 ekor terdiri dari bibit 19 ekor betina dan 2 ekor jantan. Alhamdulillah berkat kegigihan dan kekompakan kelompok sampai saat ini sudah berjumlah 28 ekor yang terdiri dari 21 betina dan 7 ekor jantan," pungkasnya, Jumat (23/3/2018).[kenedy]


TAG