Belasan Kubik Kayu Ilegal Diamankan Polsek GBA

Print Friendly and PDF


BUNTOK – Belasan kubik kayu olahan ilegal jenis kruing, diamankan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan, di Jalan Ampah - Muara Teweh Km 32, Desa Patas, Rabu (28/3/2018) sekitar pukul 19.00 WIB.

“Telah kami amankan satu unit truk fuso, dengan nomor polisi DA 1789 MN, yang bermuatan 12 kubik kayu olahan ilegal jenis kruing,” beber  Kapolres Barsel, AKBP Eka Syarif Nugraha Husen, melalui Kapolsek GBA, IPDA Rahmat Saleh, kepada awak media, Jum'at (30/3/2018). 

Diterangkan oleh Saleh,  penangkapan kayu olahan tersebut berawal saat pihaknya melakukan giat rutin, kemudian secara tidak sengaja berselisihan dengan truk bak belakangnya ditutupi terpal.

Keberadaan truk tersebut,  mencurigakan setelah berselisihan dengan mobil patroli. Melihat kondisi tersebut, aparat dari Polsek GBA pun melakukan pemeriksaan, dan benar saja pada saat dilakukan pemeriksaan, ditemukan kayu olahan ilegal tersebut. 

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari pengemudi truk YYN, bersama dengan AMN bahwa kayu olahan tersebut jenis kayu kruing yang dimiliki oleh orang berinisial IPN.

“Saat ini, pengemudi dan  pemilik kayu olahan tersebut, kita bawa dan amankan bersama barang bukti di Mapolres Barsel untuk diproses lebih lanjut,” ungkapnya.

Pemilik kayu ilegal yang tertangkap tersebut, diancam dengan jeratan pasal 83 ayat 1 huruf b Jo pasal 12 huruf e UU RI nomor 18 tahun 2013, tentang pencegahan dan pemberantasan perusak hutan.

Sementara untuk pengemudi AMN dan YYN, sebagai upahan dari pemilik kayu IPN, dijerat dengan pasal 83 ayat 1 huruf b jo pasal 12 huruf e Undang-Undang RI Nomor 18 tahun 2013 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.[tampetu]


TAG