Waduh, APK tak Resmi Marak, Kapan Ditertibkan..???

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Maraknya alat peraga kampanye (APK) tidak resmi, Pilkada Kapuas 2018 yang tersebar di beberapa titik di Kota Kapuas, hingga kini belum dilakukan penertiban dari pihak yang berwenang. Sejatinya, ketentuan tentang pemasangan APK itu sudah jelas diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 4 tahun 2017.

"Panwas sudah mengirim rekomendasi ke KPU untuk penertiban, dan selanjutnya KPU yang akan menindaklanjuti," ungkap Iswahyudi Wibowo, Ketua Panwaslih Kabupaten Kapuas, Rabu (28/3/2018).

Sementara itu, pihak KPU yang dimintai tanggapannya mengatakan, bahwa pihaknya juga telah melayangkan surat peringatan kepada tim kampanye masing-masing pasangan calon (paslon), untuk segera melepas APK Pilkada terpasang, yang tidak sesuai dengan kesepakatan dan ketentuan.

"Jika tim kampanye paslon tidak mengindahkan permintaan KPU, maka dapat sanksi akan diturunkan (APK)," tegas Suhardi Komisioner KPU Kapuas, Rabu (28/3/2018).

Terkait APK tak resmi itu, lanjutnya pihak KPU akan segera melakukan koordinasi dengan pihak yang berwenang dalam hal ini Dinas Sat Pol PP dan Damkar.

Pihak KPU juga menjelaskan untuk titik pemasangan APK resmi hanya untuk wilayah kota atau kecamatan Selat saja yang sudah ada ketentuan dari Pemkab.

"Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, bila hendak memasang di luar wilayah kecamatan Selat," pungkas Suhardi.[zulkifli]


TAG