• Latest News

    Senin, 05 Maret 2018

    36 Guru Ikuti Kursus Mahir Dasar Pramuka


    KUALA KAPUAS  – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas Rianova SH dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Kwarcab Kapuas Dr H Suwarno Muriyat saat menutup Kursus Mahir Dasar (KMD) Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Timpah Minggu (4/3/2018) sore mengajak seluruh peserta KMD agar semakin berperan aktif dalam membina anak dan pemuda Indonesia.   

    “Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Guru yang telah mengikuti KMD diharapkan semakin meningkat kesukarelaannya sebagai Pembina Pramuka sehingga akan mampu memberikan kecakapan hidup kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup,” ucap H Suwarno.

    Pria yang juga Sekretaris Diskominfo Kabupaten Kapuas utarakan bahwa KMD adalah jenjang pendidikan paling dasar sebagai Pembina Pramuka. Sedangkan Kursus Mahir Lanjutan, Kursus Pelatih Dasar dan Kursus Pelatih Lanjutan dapat diikuti setelah peserta kursus telah mengabdikan dirinya secara sukarena dalam kurun waktu minimal 6 bulan untuk dapat meneruskan ke jenjang tertinggi Kursus Pelatih Lanjutan.

    Sebelumnya Pengurus Kwaran Timpah Joni SPd melaporkan sebanyak 34 guru SD, SMP dan SMA se Kecamatan Timpah dan 2 peserta dari Pasak Talawang secara swadaya selama enam hari, pagi hingga malam telah mengikuti seluruh rangkaian kursus. Hal senada disampaikan pula Ketua Mabigus SMA Negeri 1 Timpah Radiansyah MAg sebagai penggagas sekaligus menjadi pusat pelaksanaan KMD.

    “Alhamdulillah berkat dukungan Camat , Tripika dan Kepala UPTD Pendidikan Timpah selaku Majelis Pembimbing Ranting serta para Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus selama tiga hari seluruh peserta telah mengikuti materi kursus secara teori di dalam kelas maupun praktik dalam kehidupan perkemahan selama tiga hari,” tutur Radiansyah.

    Masih di tempat yang sama Pusdiklatcab Kapuas Husin Kaderi SH, uraikan selama 72 jam sebanyak 12 Pelatih Pembina Pramuka Kapuas telah menyajikan seluruh materi kursus secara teori dan praktik berdasarkan kurikulum KMD.

    “Usai kursus seluruh peserta diwajibkan menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan menerapkannya selama satu bulan di Gugusdepannya, setelah itu barulah sertifikat KMD diserahkan,” tegas Husin.

    Saat penutupan KMD diserahkan pula oleh Sekretaris Kwarcab Kapuas H Suwarno Muriyat berupa hadiah dan penghargaan kepada Rahmawaty SPd Guru SMP Satap Aruk sebagai peserta terbaik serta sejumlah penilaian kerjasama tim dalam regu saat metode pangkalan, pentas seni, scouting game dan kecepatan serta ketepatan dalam mendirikan tenda.[angga]

      

    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 36 Guru Ikuti Kursus Mahir Dasar Pramuka Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top