Waduhh...!!, Sampah di Kabupaten Ini Belum Terkelola dengan Baik

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Sampah-sampah yang dibuang di tempat pembuangan akhir (TPA) di Pulang Pisau (Pulpis) masih belum teratur. Hal itu terlihat di lokasi TPA, di mana keberadaan sampah tersebut masih tidak teratur dan tumpukan sampah masih 'menguasai' TPA yang berada di Desa Gohong, Kecamatan Kahayan Hilir (Kahli), Kabupaten Pulpis.

Padahal sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pulpis telah menunjuk Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk mengelola sampah di lingkungan Bumi Handep Hapakat ini.

Bahkan sebelum Bupati Pulpis H Edy Pratowo cuti Pilkada Pulpis 2018, pihaknya telah meminta agar BLH menciptakan grand starategi dalam upaya penanganan masalah persampahan yang ada di daerah setempat.

"Mulai tahun ini, penanganan masalah persampahan sudah ditangani oleh BLH bukan lagi dibawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)," kata Edy.

Pengalihan penanganan persampahan di BLH ini, agar badan tersebut lebih fokus dalam mengatasi masalah sampah. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri dengan bertambahnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun membuat volume sampah juga terus meningkat, sehingga diperlukan rencana yang matang dan jitu.

Selain itu juga, keluhan terkait dengan masalah persampahan ini sering muncul dari kalangan masyarakat. Mulai dari sampah yang tidak terangkut di tempat pembuangan sementara (TPS) hingga minimnya tempat sampah di lingkungan fasilitas publik.

"Hal ini yang nantinya menjadi pekerjaan rumah dari BLH untuk meminimalisir berbagai keluhan masalah persampahan yang ada di Pulang Pisau," tandasnya.

Dari pantauan wartawan KabarKalteng, Jumat (16/3/2018), tampaknya sampai saat ini keberadaan sampah di TPA Desa Gohong masih belum tertata dengan baik, dan hingga saat ini masih belum ada tindakan nyata dalam penanganan sampah itu.

Bahkan, di sudut-sudut kota terutama di TPS, masih banyak yang belum terakomodir dengan baik oleh pihak yang bersangkutan.[manan]


TAG