Tunaikan Janji, PWI Pulpis Gelar Pelatihan Jurnalistik di MAN 1

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Seperti yang sudah diprogramkan oleh pihak Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), bahwa setelah kepengurusannya dikukuhkan beberapa waktu lalu, pihaknya akan memberikan pengetahuan tentang jurnalistik kepada pelajar madrasah. Kini program kerja tersebut telah selenggarakan oleh PWI Pulpis.

"PWI Pulpis telah memberikan ilmu pengetahuan tentang jurnalistik kepada siswa-siswi tingkat Madrasah di MAN 1 Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir," ujar Wakil Ketua PWI Pulpis, M Yakin Effendi, kepada KabarKalteng, Minggu (11/2/2018).

Dikatakannya, dalan pengetahuan itu, pihaknya telah memberikan materi tentang dasar-dasar jurnalistik kepada siswa madrasah. Dengan ini diharapkan adanya kerjasama antara PWI dan Komunitas Jurnalis Madrasah (KJM) MAN 1 Pulang Pisau untuk bisa lebih menambah wawasan tentang jurnalistik serta dengan harapan dapat melahirkan para jurnalis-jurnalia yang andal, profesinonalisme yang taat pada kode etik jurnalis dan UU Pers yang berlaku.

“Kami berharap, setelah pelatihan jurnalistik tingkat siswa madrasah ini, maka makin banyak yang tertarik dengan dunia jurnalistik. Tentunya ini merupakan sebuah apresiasi yang sangat besar yang kami berikan kepada MAN 1 Pulang Pisau yang sebagai tuan rumah pada pelatihan ini,” ujarnya.

Menurut pria yang kesehariannya sebagai wartawan di salah satu media terkemuka di Kalteng itu, saat ini dunia jurnalistik terus berkembang, tidak hanya media cetak dan elektronik, akan tetapi sudah merambah ke media online. Sehingga masyarakat bisa lebih mudah mengakses informasi dari berbagai media.

“Pengetahuan jurnalistik menjadi penting, sebab masyarakat juga bisa menjadi jurnalis melalui netizen jurnalisme atau jurnalisme masyarakat yang biasanya disebarkan melalui sosial media,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN 1 Pulang Pisau H Ahmad Fauzi mengharapkan, dari kegiatan ini siswa bisa mendapatkan ilmu jurnalistik dan bisa bermanfaat kedepannya. Apalagi kegiatan ini juga merupakan jalinan kerjasama yang baik antara KJM MAN 1 Pulang Pisau dengan PWI Pulang Pisau.

“Kami perkenalkan untuk siswa kita mengenai jurnalis, dengan pemateri yang profesional yakni dari PWI Pulang Pisau,” ujar Fauzi begitu sapaan akrapnya, seraya menyambut baik adanya kegiatan tersebut.

Dikatakan Fauzi, pihaknya telah menggandeng PWI dalam pengetahuan jurnalistik ini karena PWI merupakan organisasi profesi wartawan terbesar di Indonesia. Jadi pemaparan tentang jurnalistik kepada para siswa diharapkan lebih aplikatif.

“Kami akan terus bekerjasama dengan PWI untuk mengembangkan wawasan jurnalistik kepada para siswa,” ungkapnya.

Sementara itu juga dikatakan, Kepala Penyelenggara Syariah pada Kantor Kemenag Pulang Pisau, H Hasbullah mendukung kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat siswa yg di adakan oleh KJM MAN 1 Pulang Pisau.

"Harapannya dengan adanya kegiatan tersebut dapat melahirkan para jurnalis muda yang andal dan profesional serta dapat memajukan publikasi madrasah baik melalui media online, cetak dan elektronik," tandasnya.[manan]


TAG