Seniman Babai Berharap Sentuhan Pemerintah

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Pelaku seni, warga Desa Babai, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan, mengharapkan adanya perhatian dari Pemerintah Daerah, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Barsel, terkait dalam hal pemasaran hasil karyanya.

Rahkman, salah seorang pengerajin karya seni menuturkan, selama ini pemasaran hasil karyanya hanya sebatas Babai dan sekitarnya saja, padahal hasil karyanya tersebut, sangat jarang di temui di wilayah Barsel dan mampu bersaing dengan karya-karya dari luar daerah.

"Saya masih terkendala cara pemasaran, agar bisa sampai keluar daerah, dalam hal ini kepada Pemkab dan pihak-pihak terkait agar bisa membantu saya bagaimana caranya, agar bisa memasarkan hasil karya ini," tutur Rahkman kepada KabarKalteng, Selasa (13/2/2018).

Dilanjutkannya, dirinya menggeluti pekerjaan ini, sudah lebih kurang berjalan tiga tahun. Adapun karya seni yang dibuat dan dihasilkannya, berupa lukisan ukiran 2D dan 3D, servis mandau, pembuatan sarung mandau dan gagang mandau, papan nama (plang), pembuatan tropy dari kayu dan bambu, meubiler serta miniatur.

Rahkman juga mengharapkan bantuan alat-alat dan mesin dari pemerintah untuk kemudahan dan kelancaran pekerjaannya.

Sebab selama ini, ia hanya menggunakan alat konvensional, yang menyebabkan memakan waktu cukup lama untuk menyelesaikan sebuah produk.

"Saya sangat mengharapkan dari Pemkab Barsel agar bisa membantu berupa alat-alat elektronik, seperti mesin pasah, pemotong kayu listrik, kompresor, profil, dan mesin genset," harapnya.

Bagi masyarakat yang ingin memesan dan membeli hasil karyanya, silahkan saja datang langsung ke tempatnya, yang beralamat RT 10, RW 3, Gang Garuda Desa Babai.[kenedy]


TAG