Sebagian Pindah, Nasib Eks Kantor SOPD Tergantung Walikota

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA – Sebagian kantor Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, sudah pindah dan menempati kantor baru di kawasan perkantoran  pemerintah kota di Jalan G. Obos XI atau jalur lingkar dalam menunju Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya.

SOPD yang sudah menempati bangunan kantor baru itu, diantaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) serta dinas lainnya. Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana nasib eks kantor yang saat ini terlihat kosong.

Kepala Sub bagian Penataan Usaha dan Pelaporan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palangka Raya, Fahroni,  bangunan-banguan eks kantor SOPD itu tidak dibiarkan begitu saja, nantinya akan ada kebijakan dari Walikota, terkait peruntukan dan  fungsi bangunan eks kantor SOPD yang kosong tersebut.

Perlu diketahui bangunan eks kantor SOPD ini sebagian besar diantaranya  merupakan aset-aset pemko yang telah tercatat, namun demikian tidak menutup kemungkinan ada bangunan kantor yang berstatus pinjam pakai. Intinya pihak BPKAD akan menginventarisir lebih lanjut, ungkap Fahroni kepada wartawan, Kamis (1/2/2018)

Fahroni menjelaskan, sebagian bangunan kantor di lingkungan Pemerintah Kota selama ini, menempati tanah atau lahan yang masih berstatus pinjam sewa dari Pemerintah Provinsi (Pemrov) Kalteng.

Eks kantor SOPD yang kosong dalam hal peruntukannya, masih akan menunggu kebijakan walikota.

Contohnya saja, bangunan eks kantor SOPD yang kosong tersebut dapat ditempati oleh SOPD lainya yang selama ini belum memiliki kantor tersendiri atau masih berkantor jadi satu dengan SOPD lain. Misalkan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palangka Raya yang selama ini masih menempati kantor bersama dengan BKAD.

Bisa saja nantinya, sementara waktu Dinas Kominfo tersebut menempati eks kantor  Bappeda yang rencananya juga akan menempati bangunan kantor baru pada komplek perkantoran Pemko, ujarnya.

Pihak BPKAD hanya bertugas menginventarisir, mengelola  serta mencatat eks kantor apakah berstatus pinjam pakai, sudah hibah atau memang merupakan aset Pemerintah Kota Palangka Raya, terangnya Fahroni.[edwan]


TAG