• Latest News

    Kamis, 22 Februari 2018

    Sanksi Berat Menanti Paslon yang Melanggar Aturan


    PALANGKA RAYA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah mengingatkan kepada seluruh pasangan calon (Paslon) kepala daerah Bupati/Walikota di sepuluh kabupaten plus satu kota di Kalteng yang akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Juni 2018 mendatang, untuk tidak melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan bersama.

    Bawaslu bersama seluruh Panwaslu kabupaten/kota akan melaksanakan fungsi pengawasan secara ketat. Alhasil, siapa pun yang melakukan pelanggaran akan ditindak secara tegas sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Ini mengingat aturan main sudah ditetapkan, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilanggar.

    “Bila melanggar, sanksinya sangat berat, bahkan sampai pada di diskualifikasi dari pencalonannya. Oleh sebab itu, diharapkan kepada seluruh pasangan calon untuk mempelajari, memahami  dan mentaati aturan yang telah ditetapkan, sehingga tidak ada alasan lagi, tidak tahu ada aturan atau tidak tahu ada larangan,” tegas Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng, Satriadi saat menggelar jumpa pers di kantor Bawaslu setempat, Kamis (22/2/2018).

    Menurutnya, di sisi lain potensi kerawanan pelanggaran itu mulai kategori ringan hingga berat. Misalkan kampanye di luar jadwal, kampanye yang berbau SARA, ujaran kebencian dan lain sebagainya.

    Pihaknya sangat mengharapkan, hal ini jangan sampai terjadi pada semua pasangan calon. Dirinya juga kembali mengingatkan jangan sampai menggunakan unsur SARA maupun ujaran kebencian.

    “Kita ingin kampanye hanya menyampaikan program-program, visi dan misi masing-masing pasangan calon secara tertib,” terangnya.

    Hingga saat ini, lanjut Satriadi, pihaknya belum menemukan laporan adanya pelanggaran. Meski demikian, Bawaslu sudah menyurati tim paslon untuk menurunkan baliho, spanduk yang dipajang di beberapa ruas jalan dan lainnya. Kalau tidak menurunkan, maka pihak Bawaslu akan menurunkan sendiri dengan petugas panwas yang ada.[edwan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sanksi Berat Menanti Paslon yang Melanggar Aturan Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top