Puskesmas Mangkatip Gelar Pengobatan Gratis untuk Lansia

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Puskesmas Kelurahan Mangkatip, Kecamatan Dusun Hilir, Barito Selatan, mengadakan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga lanjut usia (Lansia), Sabtu (10/2/2018). Dalam kegiatan yang dibagi menjadi enam titik tersebut, selain pegawai kesehatan, pihak Puskesmas juga menggandeng pengurus Posyandu lansia Mangkatip.

Kepada KabarKalteng, Wilbrordus Aba Kotak S.Kep, salah seorang pegawai kesehatan Puskesmas yang ikut dalam kegiatan tersebut menerangkan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan rutin setiap tanggal 10 di setiap bulannya itu.

Ini bertujuan meningkatkan jangkauan pelayanan lansia di tengah masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan para lansia.

"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan pelayanan dan peran serta masyarakat dan swasta, dalam pelayanan kesehatan, di samping juga meningkatkan komunikasi di antara masyarakat usia lanjut," terangnya.

Kemudian dilanjutkan oleh Aba, Posyandu lansia ini juga bermanfaat untuk mendeteksi dini kemungkinan penyakit para lansia dan juga untuk mengetahui status gizi para lansia.

Untuk mencapai hal itu, tenaga kesehatan melakukan berbagai jenis aktivitas pelayanan, yakni melakukan pemeriksaan status mental, pemeriksaan status gizi, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan HB, pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat.

"Semua itu, dilakukan tanpa pungutan biaya alias gratis," paparkan Aba.

Pelayanan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, bagi masyarakat yang masuk golongan lansia, yakni kategori usia 45 tahun keatas tersebut disambut antusiasme warga. Hal ini, terlihat dari kehadiran warga yang nampak penuh di setiap titik tempat pelaksanaan kegiatan.[ali]


TAG