Perpanjangan Pendaftaran Calon, Panwaslih Tunggu SK Resmi

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Sehubungan adanya Surat Edaran (SE) KPU RI nomor 160 tentang perpanjangan pendaftaran pasangan calon Bupati-Wakil Bupati dalam Pilkada Kapuas 2018, Panitia Pengawasan Pemilih (Panwaslih) menunggu Surat Keputusan (SK) resmi dari pihak KPU.

"Iya, Panwas akan memberi saran dan masukan berkenaan dengan rencana pendaftaran calon lagi yang berkaitan dengan SE KPU RI nomor 160, bahwa semua harus ada SK tentang penundaan tahapan," kata Iswahyudi Wibowo, Ketua Panwaslih, Jumat (16/2/2018).

Sehubungan belum adanya kepastian jadwal program dan tahapan atas tindak lanjut SE 160 KPU RI tersebut, Panwaslih menegaskan semuanya mesti ada SK yang jelas.

"Itu yang akan Panwas sampaikan dirapat besok, penundaan tahapan harus ada SK nya untuk payung hukum," lanjut Iswahyudi.

Sebelumnya pihak KPU Kapuas mengatakan, menindaklanjuti SE KPU RI nomor 160 ,pihak KPU Kapuas telah melaksanakan rapat pleno.

"Sesuai dengan bahasanya perpanjangan pendaftaran, kami rapat pleno. Sudah di Jakarta, tadi malam (14 Februari), memutuskan untuk menindaklanjuti Surat KPU nomor 160, sesuai PKPU,"  kata Ketua KPU melalui, Suprianto Komisiner KPU Divisi Teknis Penyelenggara pada Kamis (15/2/2018).

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kapuas, Bardiansyah mengatakan bahwa kabar jadwal perpanjangan pada tanggal 16, 17, 18 itu bukan pernyataan resmi pihak KPU Kapuas.

"Sebab kami belum menetapkan. Perubahan tahapan dan jadwal dulu, setelah itu baru kita menyusun, (waktu) 3 hari untuk sosialisasi, baru kita buka perpanjangan pendaftaran," pungkas Bardiansyah.[zulkifli]


TAG