• Latest News

    Jumat, 23 Februari 2018

    Perbaiki Harga Karet, Dinas Pertanian Pulpis Bentuk UPPB


    PULANG PISAU - Rapat koordinasi dengan sejumlah pihak untuk memfasilitasi pembentukan Unit Pengelolaan Pemasaran Bahan Olah Karet (UPPB) di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) yang bertujuan memperbaiki harga karet petani setempat, sudah dilakukan Dinas Pertanian Pulpis.

    Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau, Slamet Untung Rianto mengatakan, saat ini harga karet masih relatif rendah dan belum menunjukan peningkatan yang stabil. Dengan terbentuknya UPPB, maka ada jaminan harga bagi para petani karet.

    “Untuk memperbaiki harga karet di tingkat petani dan yang jelas dengan adanya pembentukan UPPB ini, membantu kita memberi jaminan karet yang dihasilkan berkualitas, sehingga harga menjadi baik ke pabriknya,” kata Slamet kepada KabarKalteng, Jumat (23/2/2018) di ruang kerjanya.

    Dijelaskan Slamet, UPPB nantinya akan menerapkan sistem bahan pengolahan karet (bokar) bersih. Ini agar produk karet petani tidak bercampur bahan lain.

    “Saya mengharapkan UPPB ini benar-benar dapat meningkatkan pendapatan petani, khususnya di bidang usaha karet. Sehingga kesejahteraan petani kita betul-betul bisa lebih bagus,” tegas Slamet.

    Diakuinya, akhir-akhir ini pendapatan warga melalui usaha karet relatif turun karena pasar karet global lesu. Hal itu diperparah mutu karet yang diproduksi kualitasnya tidak cukup baik.

    “Adanya unit ini, kita harapkan karet-karet yang dihasilkan petani melalui UPPB itu, kualitasnya akan meningkat. Sehingga harga juga betul-betul lebih baik nantinya,” tukasnya.

    Lanjut Slamet, untuk UPPB di Pulpis saat ini sudah ada tiga unit yang berdiri di beberapa kecamatan, plus satu unit yang baru akan berdiri di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, atau total UPPB menjadi empat unit.

    "Dari itu kita sudah membangun kolaborasi para pihak melalui Dinas Pertanian yang bekerjasama dengan KPHP, Gapkindo se-kalselteng dan pihak Bank dalam hal ini bank BNI. Agar  pengembangan inisiatif tata kelola karet dan penghidupan berkelanjutkan di Wilayah UPT- KPHP Kahyan Hilir Unit XXXI di Kabupaten Pulpis dapat berjalan dengan baik. Makanya pihak dari Kelompok Usaha Bersama Karet, BumDes, dan Aparatur desa kita sudah koordinasikan," tandasnya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Perbaiki Harga Karet, Dinas Pertanian Pulpis Bentuk UPPB Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top