• Latest News

    Kamis, 22 Februari 2018

    Penanganan Sampah di TPA Terkendala Alat Berat


    PULANG PISAU - Penanganan sampah di Tampat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Gohong dianggap masih belum maksimal dalam pengelolaannya. Ini diakibatkan minimnnya peralatan, sehingga membutuhkan perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten agar ke depannya tidak menjadi polemik yang berarti.

    Terkait permasalahan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Wartony, Jumat (23/2/2018) kepada sejumlah awak media mengungkapkan, penanganan sampah di TPA Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir terkendala minimnya peralatan yang dimiliki.

    Meski demikian, lanjut Wartony, pihaknya terus berupaya fokus dalam penanganannya, sehingga ke depannya masalah sampah dapat diatasi dengan baik dan maksimal.

    "Sampai saat ini kami masih belum bisa berbuat apa-apa. Karena untuk mendorong sampah yang ada dan melebar hingga ke badan jalan itu, salah satunya tidak ada alat berat," kata Wartony.

    Selain itu, dirinya juga mengakui dalam penanganan sampah di TPA tersebut masih terkendala dalam hal penganggaran. Sebab hingga saat ini pihaknya hanya bisa membiayai tenaga angkut sampah dan penyapu jalan saja. Sedang pengelolaan di TPA, belum memiliki anggaran yang cukup serta tidak adanya alat berat.

    "Yang pastinya masalah sampah di TPA itu merupakan tanggungjawab kami. Tapi untuk anggaran dan alat khusus untuk mengangkat sampah dimaksud belum memadai," ungkapnya.

    Untuk saat ini DLH masih belum memiliki kemampuan untuk menyewa alat berat yang diperuntukan untuk operasional di sekitaran TPA, seperti bulldozer untuk mendorong sampah masih ke kolam bukan diletakan di pinggir seperti sekarang ini. Sedangkan alat berat sejenis excavator sendiri digunakan memperbaiki drainase yang berada di sekeliling TPA tersebut.

    "Karena ini sudah merupakan tanggungjawab DLH. Dari itu, kami tetap optimis ke depannya pasti akan menganggarkan berbagai peralatan  penunjang dalam pengelolaan sampah ini, sebagai bentuk tanggungjawab kami selalu dinas yang diperuntukan untuk pengelolaah sampah tersebut. Jadi penyediaan fasilitas dimaksud akan kita anggarkan ke depannya, baik itu melalui APBN maupun APBD," tutur Wartony.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Penanganan Sampah di TPA Terkendala Alat Berat Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top