• Latest News

    Rabu, 28 Februari 2018

    Pemekaran 18 Desa Tunggu Persetujuan Pemprov


    KUALA KAPUAS - Proses sejumlah desa pemekaran menjadi definitif di Kabupaten Kapuas, masih menunggu hasil evaluasi dan persetujuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantantan Tengah, meski sebelumnya 18 desa dari 8 kecamatan telah dikukuhkan menjadi desa persiapan pemekaran.

    "Saat ini kita masih menunggu dan selalu berkoordinasi dengan Biro Hukum Pemprov, untuk mendapat persetujuan dan memberikan nomor register desa-desa tersebut," ungkap Slamet Santoso, Kabid Kelembagaan dan PPM Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Rabu (28/2/2018).

    Menurutnya, draf Peraturan Bupati (Perbub) juga sudah diserahkan kepada Pemprov untuk dipelajari dan ditindaklanjuti lagi, terkait usulan pemekaran sejumlah desa tersebut.

    Proses menuju desa definitif itu sendiri memang membutuhkan waktu dan mekanisme yang harus sesuai dengan Permendagri nomor 1 tahun 2017 tentang penataan desa dan Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Pemekaran menjadi desa definitif sendiri dalam upaya mengubah paradigma terbelakang dan tertinggal.

    Dikatakannya, dari 18 desa yang diusulkan tersebut dapat disetujui semuanya. Kendati demikian, nantinya akan ada evaluasi dan koreksi oleh tim dari Pemprov.

    "Kita berharap bisa disetujui semuanya usulan pemekaran tersebut," imbuh Slamet.

    Data dari DPMD Kapuas, 18 desa yang diusulkan menjadi desa definitif tersebut, yakni Desa Mandiri, Anjir Serapat Maju, Anjir Serapat Barat Seberang, Anjir Serapat Timur Baru, Anjir Mambulau Makmur, Betawi Permai, Kota Keramat, Purwodadi Mekar, Jangkit Baru, Lupak Raya, Tumbang Umap, Sei Bangah, Kalanis Jaya, Pulau Kaladan Hulu, Sri Mulya, Sumber Makmur, Sinar Jaya dan Desa Karetau Jaya.[zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pemekaran 18 Desa Tunggu Persetujuan Pemprov Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top