Optimis Menang, 2M Resmi Gugat KPU Kapuas

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Tim kuasa hukum   Mawardi - Muhajirin, bakal pasangan calon Bupati - Wakil Bupati Kapuas akhirnya secara resmi menyerahkan berkas gugatan sengketa Pilkada ke kantor Panwaslih Kapuas, Rabu (14/2/2018) sore.

Tim kuasa hukum sekitar enam lawyer, bersama pengurus tiga Parpol pengusung, yakni Partai Demokrat, Partai Hanura dan Partai Bulan Bintang (PBB), tiba dan diterima langsung Ketua Panwaslih Kapuas, Iswahyudi Wibowo.

"Hari ini kita mendaftarkan gugatan sengketa Pilkada, sebagai pemohon Mawardi - Muhajirin, dan termohon KPU Kabupaten Kapuas," ungkap Indrianto SH MH, Koordinator tim kuasa hukum pasangan 2M saat memberi keterangan kepada sejumlah awak media.

Adapun materi gugatan yang diajukan pihaknya, yakni pembatalan Surat Keputusan (SK) KPU Kabupaten Kapuas, terkait penetapan pasangan calon Bupati - Wakil Bupati Kapuas, dan pencabutan nomor urut calon.

"Materi gugatan membatalkan SK 006 dan 007, kita nyatakan tidak sah dan batal demi hukum," tegas Indrianto.

Pleno penetapan calon Bupati - Wakil Bupati Kapuas, dan pencabutan nomor urut calon pada 12 dan 13 Februari 2018  tersebut, lanjutnya, tidak sah dan batal demi hukum. Hal itu dikaitkan sesuai dengan ketentuan PKPU nomor 14 tahun 2015 pasal 3 huruf B yang menyatakan, apabila ada satu daerah hanya ada pasangan calon tunggal, dan yang lain dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), maka KPU setempat tidak boleh membuat penetapan pasangan calon, yang boleh adalah menunda penetapan, sampai ada pendaftaran paslon baru.

"Kami berkeyakinan, sangat haqul yakin (menang gugatan), bahwa akan ada kejutan-kejutan baru kepada KPU Kapuas, kita tidak mendahului karena persidangan belum dimulai," imbuhnya.

Dikatakannya, pada prinsipnya pihak 2M konsisten melakukan Pemilu damai, dalam Pilkada Kapuas ini. "Tidak ada yang perlu ditakutkan, tidak ada intimidasi dari siapapun, tetap damai, tetap jaga kekompakan sesama tim," katanya.[zulkifli]


TAG