Mengapa Penyuluhan TP4D dan PBJ Sangat Penting?, Ini Jawabannya...!!

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Penyuluhan mekanisme kerja Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), sangatlah penting ternyata ini jawabannya!

Mengapa penyuluhan mengenai mekanisme kerja TP4D dan PBJ, menjadi sangat penting bagi Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD)? Dikarenakan hal tersebut berhubungan langsung, dengan kebutuhan utama dalam proses PBJ di setiap SOPD. Baik dari segi perencanaan, proses pelaksanaan hingga penegakkan hukum dan aturan yang berlaku dalam proses PBJ.

Hal ini, dijelaskan oleh Wakil Ketua TP4D Barito Selatan, yang juga merupakan Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri (Kejari) Barsel, Arif Mulya Sugiharto SH MH, dalam paparannya pada acara seminar PBJ dan mekanisme kerja TP4D, yang digelar di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Jaro Pirarahan Buntok, Selasa (27/2/2018).

Dalam pelaksanaan proses PBJ, TP4D bertugas dan mempunyai kewenangan dalam melakukan pengawalan, penyuluhan dan pengamanan dari sisi hukum dan aturan, dalam setiap proses PBJ yang dilaksanakan oleh Daerah.

Sebab dengan begitu, diharapkan proses PBJ yang dilaksanakan dalam pelaksanaan pembangunan Daerah, dapat berjalan sesuai dengan koridor dan benar - benar tepat sasaran. Selain itu, dengan keterlibatan TP4D dalam setiap proses PBJ, diharapkan mampu menyelamatkan anggaran keuangan Negara.

"Tugas TP4D adalah mengawal setiap proses PBJ, agar bisa berjalan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku, sehingga mampu menyelamatkan uang Negara, yang sudah semestinya dimanfaatkan dan digunakan sepenuhnya untuk pembangunan bagi seluruh masyarakat!" tegas Arif.

Senada dengan Arif, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Barsel, Agus In'yulius ST MT, juga memahami betapa pentingnya penyuluhan TP4D dan PBJ. Sebab hal itu, berkaitan langsung dalam mengarahkan setiap proses PBJ di lingkungan SOPD, agar terarah dan tepat sasaran, sehingga tidak banyak terjadi pelanggaran hukum dalam setiap pelaksanaannya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh anggota SOPD yang dipimpinnya, agar menjalankan setiap proses PBJ yang dikawal oleh TP4D, untuk bisa dilaksanakan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku. Guna mencapai target penyerapan anggaran, selaras dengan pembangunan yang berkualitas.

"Saya meminta, kepada seluruh karyawan DPUPR, agar serius menjalankan pembangunan yang dikawal oleh TP4D, agar setiap proses PBJ kita, bisa mencapai target penyerapan anggaran dan selaras dengan pembangunan yang berkualitas," pungkasnya.[tampetu]


TAG