KPU kembali Buka Pendaftaran Perpanjangan Calon

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Pasca ditetapkannya hanya satu pasangan calon, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas akan melaksanakan perpanjangan pendaftaran calon peserta Pilkada Kapuas 2018. Hanya saja, hingga saat ini KPU Kapuas masih belum menentukan jadwalnya.

Sebelumnya sudah ada dua kontestan sebagai pasangan calon yang telah mendaftar sebagai kontestan calon Bupati-Wakil Bupati Kapuas di Pilkada Kapuas 2018. Namun di hari penetapan, KPU hanya menyatakan satu paslon yang dinilai memenuhi syarat.

"Pendaftaran kembali itukan masih kita bicarakan," kata Ketua KPU Kapuas, melalui Suprianto, Komisioner Divisi Teknis penyelengara, Kamis (15/2/2018).

Menurutnya, pihak KPU selaku penyelenggara berkewajiban melaksanakan ketentuan tersebut. Namun yang jadi pertanyaan kapan tahapan dan jadwal serta mekanisme seperti apa belum bisa dijelaskannya.

"Hingga saat ini penjadwalan belum. Masih ada beberapa yang harus kami revisi, seperti tahapan program dan jadwal, kita mau rapat pleno dulu merubah semuanya,"imbuh Suprianto.

Setelah rapat pleno dilakukan, lanjutnya, akan dibuka sesuai tahapan ada tiga hari sosialisasi, dan tiga hari dibuka tahapan pendaftaran.

Saat ditanyakan kapan hal itu akan dilaksanakan, lagi-lagi pihaknya tidak dapat memberikan kepastian hari dan tanggal penjadwalan pelaksanaannya.

"Tanggal belum ada kepastian, tapi kami masih ada rentan waktu setelah kami berkoordinasi dengan KPU Provinsi," katanya.

Ditanyakan terkait mekanisme, apakah nantinya kedua paslon yang ada harus mendaftar kembali, ataukah hanya satu paslon saja yang harus mendaftar, pihak KPU Kapuas pun belum dapat menjelaskan tata cara dan mekanismenya.

Sebagaimana diketahui perjalanan Pilkada Kapuas terjadi kontroversi pasca tidak ditetapkannya pasangan Mawardi-Muhajirin (2M) yang belakangan diketahui telah memasukan gugatan ke Panwaslih.[zulkifli]


TAG