KPU Gelar Pengundian, Ini Nomot Urut Paslon Pilkada Palangka Raya

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Setelah dilakukan penetapan pasangan calon sehari sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya kembali melaksanakan Rapat Pleno Terbuka dengan agenda pengundian nomor irut Pasangan Calon (Paslon) pada Pemilihan Walikota - Wakil Walikota Palangka Raya, di Hotel Qaurius, Selasa (13/2/2018).

Dalam rapat pleno terbuka tersebut, KPU melaksanakan proses pengundian atau pencabutan nomor, masing-masing pasangan calon mengambil gulungan kertas dari dalam amplop yang tersedia.

Akhirnya proses pencabutan nomor urut tersebut, menghasilkan nomor urut 1 yang diraih oleh pasangan Tuty Daud - Rahmadi, nomor urut 2 Pasangan Rusliansyah - Rogas Usop, nomor urut 3 pasangan Fairid Naparin - Hj. Umi Mustikah dan terakhir nomor urut 4 Aries M Narang - Habib Said Akhmad Fauzi Bachsin.

Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi mengatakan, pencabutan nomor urut dari empat pasang calon ini merupakan kelanjutan penetapan pasangan calon yang dilakukan kemarin.

Selanjutnya, 14 Februari masing-masing pasangan calon sudah membuka rekening dana kampanye mereka. Kemudian, 15 Februari sudah masuk masa kampanye, namun belum ditentukan tempatnya.

"Mengingat pada tanggal 18 Februari KPU secara serentak seluruh Indonesia akan melaksanakan deklarasi damai, dan malam besok kita akan menggelar rapat bersama semua pasangan calon, baru kemudian kita dapat menentukan lokasi kampanye tersebut di atas sesuai jadwal yang ditetapkan bersama," terang Eko.

Terkait pembukaan rekening paslon, tambah Eko, hal itu ada aturannya tersendiri. Nantinya pasangan calon diberikan kesempatan untuk membaca aturan-aturan tersebut.

Namun yang penting sumber-sumber dana tersebut, KPU dan masyarakat/publik harus tahu dari mana saja sumbernya, artinya darimana pun sumber dana itu berasal dan digunakan untuk apa, itu harus ada laporannya.[edwan]


TAG